5 Fakta Letjen Agus Subiyanto, Wakasad yang Berpeluang Besar Gantikan KSAD Dudung

Kamis, 03 Agustus 2023 - 12:15 WIB
loading...
5 Fakta Letjen Agus Subiyanto, Wakasad yang Berpeluang Besar Gantikan KSAD Dudung
Letjen TNI Agus Subiyanto merupakan seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang sejak 31 Januari 2022 lalu mengemban amanat sebagai Wakasad. Foto/TNI AD
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto merupakan seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang sejak 31 Januari 2022 lalu mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Dia digadang-gadang menggantikan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman yang sebentar lagi memasuki masa pensiun. Meski demikian, keputusan akhir tentang pengganti KSAD Dudung berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima Tertinggi TNI.



Lantas, seperti apa sosok Agus Subiyanto? Untuk mengenal lebih jauh, simak sederet fakta berikut ini.

Fakta Letjen TNI Agus Subiyanto

1. Jenderal Bintang Tiga TNI AD

Saat ini, Agus Subiyanto tengah menyandang pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga. Jika dilihat dari posisinya, pangkat tersebut berada di atas Mayor Jenderal (bintang dua) dan setingkat di bawah Jenderal TNI (bintang empat).

Agus Subiyanto naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga pada 18 November 2022 bersama dengan Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Keduanya juga pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres di era Presiden Jokowi.

2. Alumni Akmil 1991

Agus Subiyanto merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991. Dia berpengalaman di bidang Infanteri (Kopassus) dan aktif dalam misi pertempuran, seperti Operasi Seroja dan Operasi Tinombala.

Dia menjadi salah satu lulusan Akmil 1991 yang sudah mencapai pangkat perwira tinggi. Selain dirinya, terdapat pula sejumlah nama lain seperti Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dan Mayjen TNI Tandyo Budi Revita.

3. Juara Novelty Shot Exhibition

Dalam riwayatnya, Agus Subiyanto ternyata pernah mengikuti Novelty Shot Exhibition. Kala itu lomba digelar pada pembukaan AARM ke-30 tahun 2022 di National Military Training Center, Hanoi, Vietnam.

AARM merupakan kejuaraan lomba tembak antar Angkatan Darat negara-negara ASEAN yang rutin digelar setiap tahun, dengan tuan tumah yang diatur secara bergilir sebagai penyelenggara kegiatan lomba. Lomba AARM ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, serta memupuk rasa persaudaraan sesama prajurit Angkatan Darat ASEAN.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian perlombaan, Agus Subiyanto keluar sebagai juara. Secara otomatis, dirinya berhasil menjadi penembak jitu di antara beberapa Wakil KSAD yang ada di negara ASEAN.

4. Memiliki Deretan Brevet

Agus Subiyanto memiliki banyak koleksi brevet yang tersemat di seragamnya. Di antaranya ada Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Para Utama, dan Brevet Free Fall.

Lebih dari itu, Agus juga memiliki beberapa brevet asing seperti Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (US Army), dan Master Parachutist Badge (Singapore Army).


5. Banyak Menempati Posisi Strategis

Saat ini Agus Subiyanto tengah menduduki posisi Wakasad. Sebelum itu, dia juga kerap menduduki posisi strategis lain, seperti Danrem 061/Suryakancana (2020), Danpaspampres (2020-2021) dan Pangdam III/Siliwangi (2021-2022).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)