Partai Perindo Ikuti Bimtek Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilu 2024

Senin, 31 Juli 2023 - 23:16 WIB
loading...
Partai Perindo Ikuti Bimtek Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilu 2024
Pengurus DPP, DPW, DPD Partai Perindo mengikuti bimtek hukum acara perselisihan hasil pemilu tahun 2024 di Pusdik Pancasila dan Konstitusi milik MK, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (31/7/2023). FOTO/MPI/PUTRA RAMADHANI ASTYAWAN
A A A
JAKARTA - Partai Perindo mengikuti bimbingan teknis (bimtek) hukum acara perselisihan hasil pemilu 2024 di Pusdik Pancasila dan Konstitusi milik Mahkamah Konstitusi (MK), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini yang digelar oleh MK ini diikuti pengurus Perindo dari pusat hingga daerah.

Bimtek untuk Partai Perindo dibuka langsung oleh Ketua MK Anwar Usman. Hadir dalam bimtek Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi, Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Ferry Kurnia, Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan HAM Tama S Langkun, dan lainnya.

"Alhamdulillah kita sebagai salah satu partai peserta pemilu diundang difasilitasi oleh MK sebagaimana partai yang lain juga untuk mengikuti bimbingan teknis bagaimana melaksanakan hukum acara di dalam penyelesaian perselisihan hasil Pemilu," kata TGB, Senin (31/7/2023).



TGB mengatakan, sengketa atau perselisihan hasil pasti akan terjadi pascapemilu. Karena itu, bimtek ini sangat penting bagi Partai Perindo agar mengetahui hukum beracara di MK dengan baik.

"Kita tahu pascapemilu itu pasti banyak keberatan-keberatan. Nah dengan bimtek ini diharapkan kita bisa mengikuti alur beracara di MK dengan baik, apa-apa yang perlu disiapkan jadwalnya seperti apa kemudian semua kelengkapan yang diperlukan," katanya.

Dengan beracara yang baik, maka membuat proses hukum sengketa hasil pemilu dapat berjalan dengan cepat. Dengan proses yang cepat, maka akan menguntungkan semua pihak.



"Karena kita tahu keputusan MK itu final dan mengikat. Jadi kalau sudah ada keputusan yang final dalam waktu yang cepat itu semua kebimbangan akan hilang sehingga situasi pasti akan lebih tenang," tutur mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode ini.

TGB berharap para perserta bimtek dari Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 berjumlah 150 orang, baik dari DPP, DPW, DPD, dan lainnya, dapat menyerap ilmu yang akan diberikan selama bimtek hingga 3 Agustus 2023.

"Jadi bimtek ini penting untuk seluruh kader Partai Perindo agar bisa beracara dengan baik, kalau memang diperlukan di MK. Jadi kami sangat mengapresiasi dan ini menurut saya bagian yang konkret ya dari MK untuk menghadirkan pelayanan terbaik sebagai garda konstitusi bagaimana kontestan partai Pemilu bisa melaksanakan hak mereka dengan baik," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)