Jokowi Perintahkan Menko PMK dan Mensos Segera Atasi Bencana Kelaparan di Papua Tengah

Senin, 31 Juli 2023 - 12:21 WIB
loading...
Jokowi Perintahkan Menko PMK dan Mensos Segera Atasi Bencana Kelaparan di Papua Tengah
Presiden Jokowi memerintahkan Menko PMK Muhadjir Effendy dan Mensos Tri Rismaharini secepatnya menangani kelaparan di Papua Tengah. Foto/
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Mensos Tri Rismaharini secepatnya menangani kelaparan di Papua Tengah. Bencana kelaparan terjadi akibat cuaca ekstrem yang melanda daerah tersebut.

"Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK, Menteri Sosial, BNPB dan juga di daerah, di Papua untuk segera menangani secepat-cepatnya," kata Jokowi seusai meresmikan Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

Bencana kelaparan di Papua Tengah, kata Jokowi dikarenakan cuaca dingin mengingat saat ini telah memasuki musim salju. Hal tersebut membuat tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. "Problemnya supaya tahu itu ada daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh. Di ketinggian yang sangat tinggi di distrik itu," kata Jokowi.



Permasalahan lainnya, kata Jokowi, terkait dengan urusan keamanan. Pemerintah cukup sulit memberikan bantuan karena faktor keamanan, pesawat pun tidak berani untuk mendarat memberi bantuan

"Kedua bantuan untuk makanan juga problem di urusan keamanan. Pesawat tidak berani turun sehingga problem lagi. Sebab itu saya minta juga TNI membantu mengawal. Di sana memang problemnya selalu seperti itu. medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya enggak berani sehingga problem itu yang terjadi," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)