Cerita Anies Bujuk Susi Pudjiastuti agar Ikut Kejar Paket C

Sabtu, 29 Juli 2023 - 12:00 WIB
loading...
Cerita Anies Bujuk Susi Pudjiastuti agar Ikut Kejar Paket C
Bakal capres 2024, Anies Baswedan berbincang dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan memuji mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti . Menurutnya, Susi menjadi inspirasi dalam dunia pendidikan.

Pujian itu dilayangkan Anies saat disinggung sosok Susi. Ia berkata, dahulu Susi tak lulus SMA. Suatu saat setelah sidang kabinet, Anies mengaku sempat berdiskusi dengan Susi.

"Terus saya bilang 'Bu, Bu Susi kan nggak punya ijazah SMA, Bu Susi ikut dong Kejar Paket C. 'Wah buat apa? nggak butuh itu ijazah, wong aku bisa begini enggak pakai ijazah kok', kata Bu Susi gini," kata Anies saat menirukan percakapan dengan Susi di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu (29/7/2023).



Merespons itu, Anies berkata, ijazah bukan untuk Susi, tetapi ada jutaan masyarakat yang tak dapat kesempatan bekerja, sementara untuk mendaftar pekerjaan membutuhkan ijazah.

"Kita ingin mereka itu ikut program Paket C biar punya ijazah. Nah kalau Bu Susi mau ikut itu, Bu Susi jadi role model supaya mereka nantinya ada contoh.' Dan di situ yang saya suka sama Bu Susi," tutur Anies.

"Dia (Susi) mau mengerjakan bukan karena untuk dirinya, tetapi begitu dia bilang 'oke kalau ini jadi contoh buat yang lain, saya akan kerjain.' Kan repot sebenernya buat dia. Dia harus belajar, dia harus siapin, tapi beliau itu mau mengerjakan," katanya.

Ahirnya Susi Pudjiastuti mengikuti program Kejar Paket C. Atas dasar itu, ia menilai Susi menjadi contoh yang baik dalam insan pendidikan nasional.



"Saya pernah merasakan dua kali, ada orang yang bekerja di sekitar rumah saya, yang kemudian dia ikut program Paket C dan ketika ditanya gimana, 'ya seperti Bu Susi, Pak.' Jadi its truly an inspiration," kata Anies.

Saat disinggung memiliki kecocokan dengan Susi, Anies tak menjawab dan hanya bisa tertawa. Ia menegaskan bahwa komunikasi dengan Susi terjalin dengan baik.

"Komunikasi baik lah, dengan semua juga baik," terang Anies.

Saat disinggung Susi masuk dalam kandidat Bacawapresnya, Anies tak menjawab. "Rapet nih kantongnya hahaha," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)