5 Monumen Perjuangan Rakyat Indonesia, Nomor 4 Simbol Kesucian Hati Pejuang

Sabtu, 29 Juli 2023 - 04:30 WIB
loading...
5 Monumen Perjuangan Rakyat Indonesia, Nomor 4 Simbol Kesucian Hati Pejuang
Monumen Perjuangan Rakyat Palembang. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Beberapa monumen perjuangan rakyat tersebar di 5 kota di Indonesia. Monumen itu sebagai pengorbanan dan perjuangan rakyat demi kemerdekaan bangsa.

Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 bukanlah hal yang mudah diraih. Kini sebentar lagi rakyat Indonesia akan kembali memperingati HUT RI yang ke-78.

Berikut lima monumen perjuangan rakyat yang tersebar di lima kota di Indonesia:

1. Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi

Di Alun-Alun Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Veteran, terdapat Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi. Monumen berupa tugu persegi lima setinggi 5,08 meter ini diresmikan pada 5 Juli 1955 untuk menyambut HUT ke-10 RI dan HUT ke-5 Kabupaten Bekasi pada waktu itu.

Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Bekasi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Salah satu peristiwa yang terkenal di Bekasi adalah Resolusi Rakyat Bekasi pada 17 Februari 1950, yang ditandai dengan tuntutan rakyat Bekasi untuk keluar dari Distrik Federasi Jakarta di bawah Pemerintah Indonesia Serikat (RIS) dan bergabung ke Republik Indonesia.

2. Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Untuk mengenang perjuangan rakyat dalam melawan pasukan Belanda di Pantai Klandasan Ilir dan direbutnya kembali sumur Mathilda oleh para pejuang, dibangunlah Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapapan.

Monumen ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur, tepatnya di tepi pantai. Monumen tersebut terdiri dari patung tiga prajurit yang memegang senjata parang dan tameng tengah mendirikan tiang bendera

3. Monumen Perjuangan Rakyat Bali

Monumen Perjuangan Rakyat Bali atau disebut pula Monumen Bajra Sandhi didirikan untuk mengenang heroisme masyarakat Bali dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan detail ornamen khas Bali, bentuk monumen menyerupai lonceng para pendeta Hindu (bajra) jika dilihat dari kejauhan.

Monumen Perjuangan Rakyat Bali yang diresmikan pada 14 Juni 2003 ini terletak di Jalan Raya Niti Mandala, Renon, Denpasar. Representasi tanggal proklamasi kemerdekaan tercermin pada 17 gerbang utama, 8 pilar, dan ketinggian monumen 45 meter.

4. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Pada Januari 1947, Kota Palembang digempur oleh Belanda yang menurunkan tank dan artileri untuk menghancurkan kota. Bom dan granat pun dijatuhkan untuk menghentikan perlawanan rakyat dan para pejuang. Akibat peristiwa yang berlangsung lima hari itu sebagian wilayah Kota Palembang hancur.

Perjuangan rakyat demi mempertahankan kemerdekaan tersebut diabadikan dalam Monumen Perjuangan Rakyat yang diresmikan pada 23 Februari 1988. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang berlokasi di Jalan Merdeka, Kota Palembang dengan bentuk menyerupai bunga melati bermahkota lima sebagai simbol kesucian hati pejuang.

5. Monumen Perjuangan Rakyat Riau

Di Kota Pekanbaru, Riau, tepatnya di Jalan Diponegoro berdiri Monumen Perjuangan Rakyat Riau. Monumen ini menggambarkan perjuangan rakyat dan TNI dalam menghadapi penjajah yang tercermin pada pria berpakaian militer dan biasa.

Hal tersebut juga memperlihatkan bahwa rakyat dan TNI merupakan paduan kesatuan dalam perjuangan kemerdekaan. Kedua patung itu berdiri di atas pelataran yang berisi relief perjuangan. Monumen Perjuangan Rakyat Riau diresmikan pada 17 Agustus 1984.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)