833 Perwira TNI-Polri Dilantik, Ini Nama-nama Peraih Adhi Makayasa 2023

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:08 WIB
loading...
833 Perwira TNI-Polri Dilantik, Ini Nama-nama Peraih Adhi Makayasa 2023
Presiden Jokowi turut membacakan nama-nama peraih Adhi Makayasa dari masing-masing akademi dari matra TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 833 orang dari matra TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Turut dibacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi.

Empat perwira lulus dengan predikat terbaik adalah Sermatutar Sawung Setiawan dari Akademi Militer (Akmil), Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Sermatutar (Lek) Muhammad Galuh Safari Rahmat dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Brigadir Taruna Irfan Urane Azis dari Akademi Kepolisian (Akpol).



Catatan menarik untuk peraih Adhi Makayasa Akpol 2023. Lulusan terbaik Irfan Urane Azis merupakan putra dari mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Idham Azis.

Dalam pelantikan ini, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan pelantikan perwira Polri tahun 2023 tersebut. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

"Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga," ucap Jokowi diikuti perwira TNI.

"Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," tegas Jokowi diikuti perwira Polri.

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," sambung Jokowi diikuti seluruh perwira TNI dan Polri.



Para perwira yang dilantik oleh Jokowi, terdiri atas lulusan Akmil sebanyak 357 orang, lulusan AAL sebanyak 94 orang, lulusan AAU sebanyak 114 orang, dan lulusan Akpol sebanyak 268 orang.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)