Jelang Jenderal Dudung Pensiun, 3 Nama Ini Dinilai Berpotensi Jadi KSAD

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:02 WIB
loading...
Jelang Jenderal Dudung Pensiun, 3 Nama Ini Dinilai Berpotensi Jadi KSAD
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa purnabakti dalam empat bulan ke depan. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa purnabakti dalam empat bulan ke depan. Jenderal Dudung akan pensiun pada 19 November 2023 mendatang.

Pengamat Militer Anton Aliabbas menilai jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan percepatan masa jabatan Jenderal Dudung maka secara normatif semua perwira tinggi bintang tiga punya peluang untuk ditunjuk sebagai KSAD mendatang.



"Meski demikian, Jokowi kelihatannya akan meneruskan pakem memilih sosok yang pernah bekerja dengannya sebelum menjabat pos strategis," ujar Anton kepada wartawan, Selasa (25/7/2023).

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) mengatakan ada tiga kandidat kuat jenderal bintang tiga yang akan menggantikan Jenderal Dudung mengisi jabatan KSAD.

"Dari daftar pati berpangkat Letnan Jenderal, setidaknya ada tiga kandidat kuat. Mereka adalah Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakasad Letjen Agus Subiyanto (Akmil 1991)," jelasnya.

"Suharyanto adalah mantan Sesmilpres, Maruli merupakan mantan Danpaspampres, dan Agus merupakan mantan Dan Grup A Paspampres serta Dandim 0735/Surakarta saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo," sambungnya.



Menurut Anton, tiga sosok tersebut telah memiliki kualifikasi dan rekam jejak penugasan yang relatif seimbang. Maka, kata Anton, faktor subjektivitas Jokowi akan lebih kuat menjadi pertimbangan dalam penunjukan sosok KSAD berikutnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)