Bagikan Informasi Ramah Disabilitas, BMKG Lakukan Ini

Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:08 WIB
loading...
Bagikan Informasi Ramah Disabilitas, BMKG Lakukan Ini
Staf Khusus Presiden RI bidang Sosial, Angkie Yudistia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Balai Besar MKG Wilayah II, menggelar seminar. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ke-76, di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kamis 20 Juli 2023.

Dalam seminar hybrid bertajuk Informasi Cuaca, Iklim, Gempa Bumi, dan Tsunami Ramah Disabilitas ini, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya memang bertugas memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait cuaca, iklim, gempa bumi, dan tsunami, termasuk kepada kelompok difabel.

"Informasi tersebut diberikan dalam rangka melindungi segenap dan tumpah darah Indonesia, serta untuk memajukan kesejahteraan umum," kata Dwikorita dalam sambutannya.

Dwikorita mengakui, sejauh ini belum ada informasi ramah disabilitas yang pihaknya berikan, terkait cuaca, iklim, gempa bumi, dan tsunami. Namun, ia telah meminta pihak terkait agar informasi tersebut juga dapat disampaikan ke depannya.

"Saya sebenarnya sudah diskusi dengan Mas Mukhanif, 'Mas bisa enggak dibantu untuk prakiraan cuaca, juga ada yang membantu memberikan bahasa isyarat?'. Agar siapa pun itu bangsa Indonesia bisa menangkap (informasi dari BMKG)," beber Dwikorita.

Ia pun berharap, agar setelah seminar ada tindak lanjut nyata terkait informasi dari BMKG yang ramah disabilitas tersebut. Terlebih informasi itu menurut Dwikorita sangat-sangat dibutuhkan.

"Semoga saja setelah seminar ini ada aksi lanjut. Jadi barangkali nanti informasi BMKG apa pun, terkait cuaca, iklim, gempa, dan tsunami lebih ramah terhadap disabilitas," ungkapnya.

"Karena saudara-saudara kita ini juga kelompok rentan. Mereka kalau diberikan informasi yang benar-benar bisa dipahami, beliau-beliau juga bisa menolong mereka sendiri, bahkan juga membantu untuk menolong yang lain," tambah Dwikorita.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II, Hartanto menambahkan, seminar pihaknya helat agar informasi dari BMKG termasuk Balai Besar, juga bisa dipahami oleh para penyandang disabilitas.

"Sehingga pada saat terjadi bencana, memitigasi bencana, agar teman-teman disabilitas mempunyai hak yang sama," tandas Hartanto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)