Langkah Presiden Jokowi Perhatikan Generasi Muda Papua Diapresiasi

Jum'at, 21 Juli 2023 - 14:08 WIB
loading...
Langkah Presiden Jokowi Perhatikan Generasi Muda Papua Diapresiasi
Stafsus Presiden, Billy Mambrasar turut mendampingi Presiden Jokowi yang melakukan panen raya jagung di lokasi food estate, di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (6/7/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi komitmen dan perhatian besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kaum muda Papua. Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum AMMI, Nurkhasanah.

Menurut Nurkhasanah, perhatian Presiden Jokowi kepada generasi muda Papua ditunjukkan dalam kebijakan dan program konkret.

"Sebagai contoh adalah pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk mewadahi kreativitas dan inovasi generasi kaula muda Papua," ujar Nurkhasanah dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Menurutnya PYCH ini diharapkan melahirkan banyak produk atau start-up inovatif di Papua. Oleh sebab itu, beragam training atau short course diadakan guna mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Papua.

"Kita ketahui bahwa fasilitas PYCH pun lengkap. Selain ruang pelatihan, terdapat juga ruang serba guna, rapat dan ruangan yang bisa dijadikan co-working space. Fasilitas yang dapat memanjakan kaum muda Papua nyaman dan betah berlama-lama kerja di PYCH," jelas Nurkhasanah.

Di samping PYCH, Nurkhasanah mengungkapkan, Presiden Jokowi membangun Papua Football Academy (PFA). Secara historis, kata Nurkhasanah, Papua tidak kehabisan talenta pemain sepakbola.

Mulai dari Elie Aiboy, Eduard Ivakdalam, Boaz Solossa, hingga Ramai Rumakiek adalah sederet pemain yang berasal dari tanah Cenderawasih. Kehadiran PFA bisa melahirkan talenta pemain sepakbola dari tanah Papua.

"Apalagi November mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah di ajang Piala Dunia U-17. Kontribusi PFA sangat dinanti publik dan diharapkan memasok skuad Timnas U-17 yang akan berlaga di level elit junior dunia," jelas Nurkhasanah.

Tak hanya itu, di ranah akademik, Pemerintah Jokowi membangun Universitas Internasional Papua (UIP). Perguruan Tinggi level internasioanl pertama di tanah Papua. Target utamanya jelas membangun SDM Papua yang inovatif, kreatif, dan produktif menghasilkan temuan-temuan baru di tanah Papua.

"Kabar menggembirakan kalau UIP memiliki dua fakultas unggulan, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Memiliki fasilitas riset skala internasional," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)