7 Menkominfo dari Masa ke Masa, Nomor Terakhir Ketua Umum Relawan Pro Jokowi

Rabu, 19 Juli 2023 - 10:33 WIB
loading...
7 Menkominfo dari Masa ke Masa, Nomor Terakhir Ketua Umum Relawan Pro Jokowi
Rudiantara (kiri), Johnny G Plate (tengah), dan Budi Arie Setiadi. Ketiganya masuk dalam daftar 7 Menkominfo sepanjang sejarah Indonesia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini sudah ada tujuh orang yang sudah mengisi jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo ). Ketujuh menteri tersebut memiliki pengalaman dan latar belakang yang berbeda.

Mengutip keterangan di situs resmi Kominfo, sesuai Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, Kementerian Kominfo merupakan perangkat Pemerintah Republik Indonesia yang membidangi urusan informasi dan komunikasi.

Kementerian ini mengalami beberapa transformasi nama. Setelah Indonesia merdeka, dibentuk Departemen Penerangan pada 1945. Departemen ini bertahan hingga 1999. Memasuki era Reformasi, Departemen Penerangan dibubarkan kemudian dibentuk Badan Informasi dan Komunikasi Nasional (BKIN) pada 1999.



Setahun kemudian dibentuk Lembaga Informasi Nasional. Lembaga ini juga bertahan setahun dan diubah lagi menjadi Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi pada 2001.

Pada 2005, dibentuk Departemen Komunikasi dan Informatika. Departemen ini merupakan integrasi Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi, Lembaga Komunikasi Nasional, dan Ditjen Pos dan Telekomunikasi. Penyempurnaan organisasi terus dilakukan hingga akhirnya pada 2014, Departemen Komunikasi dan Informatika diubah menjadi kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan bertahan hingga saat ini.

Sejak dibentuk pada 2001, Kominfo telah berulang kali berganti menteri. Berikut tujuh Menkominfo dari masa ke masa, sejak awal pembentukannya:

1. Syamsul Mu'arif

7 Menkominfo dari Masa ke Masa, Nomor Terakhir Ketua Umum Relawan Pro Jokowi

FOTO/WIKIPEDIA

Syamsul Mu'arif merupakan Menteri Kominfo pertama yang dimiliki Indonesia. Pria kelahiran 8 September 1948 ini mengemban amanat tersebut pada era Kabinet Gotong Royong atau pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Sebelum menjadi seorang menteri, Syamsul Mu'arif merupakan Anggota DPRD Kalimantan Selatan pada 1982-1987 hingga menjadi Anggota DPR pada 1987-2001.

2. Sofyan Djalil

7 Menkominfo dari Masa ke Masa, Nomor Terakhir Ketua Umum Relawan Pro Jokowi

FOTO/DOK.SINDOnews

Selanjutnya ada Sofyan Djalil. Akademi dan konsultan hukum ekonomi ini juga pernah menjadi Menkominfo pada tahun 2004-2007 atau di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)