Relawan Anies Baswedan Siapkan 2,4 Juta Saksi di Pilpres 2024

Senin, 17 Juli 2023 - 20:00 WIB
loading...
Relawan Anies Baswedan Siapkan 2,4 Juta Saksi di Pilpres 2024
Pengukuhan tim 100 Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Jawa Barat untuk Capres Anies Baswedan pada Pilpres 2024 di Bandung, , Sabtu 15 Juli 2023 lalu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Relawan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan menyiapkan relawan penggerak untuk menjadi saksi di Pilpres 2024 , sekaligus mendorong elektabilitas. Saat ini, sudah ribuan relawan yang mendaftarkan diri.

"Bakorsi atau Badan Koordinasi Saksi adalah upaya relawan Anies untuk merekrut relawan penggerak,” ujar Inisiator Forkom yag membuat Tim Kerja Bakorsi, Tatak Ujiyati, Senin (17/7/2023).



Dijelaskannya, relawan penggerak ini bertujuan meningkatkan popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan, serta mengawasi proses pemilu dan pilpres agar berjalan jujur dan adil. Mereka juga akan menjadi saksi pada saat pencoblosan Pilpres 2024.

Menurut Tatak, Bakorsi dibuat secara berjenjang. Dibentuk tim 100 pada level nasional, provinsi, demikian seterusnya sampai desa. "Saat ini sudah dikukuhkan Tim 100 Nasional dan Tim 100 di 3 provinsi yaitu Sulsel, Jateng, Jabar,” jelasnya.

Tatak melihat animo masyarakat mendukung Anies Baswedan luar biasa. Mereka aktif mendaftar menjadi anggota Bakorsi. "Yang dibutuhkan 100 orang di tiap jenjang tetapi yang mendaftar hampir 500 orang. Padahal kami tidak memberikan fasilitas apa pun,” kata Tatak.

Ditambahkan pula, karena Bakorsi dibuat secara sistematis berjenjang, maka yang mendaftar bukan menekankan pada banyaknya relawan tapi aktif selektif. "Sudah ada nasional dan 3 provinsi. Jadi anggotanya ada 400-an orang yang berasal dari kira-kira 150 simpul relawan,” ungkap Tatak.

Pembina Badan Koordinasi Saksi {Bakorsi) Anies Baswedan, Tamsil Linrung mengatakan penyiapan saksi ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan yang bisa saja terjadi di Pilpres 2024. “Kecurangan akan bisa kita redam jika kita memiliki saksi yang kuat,” kata Tamsil.

Penyiapan saksi ini, lanjut Tamsil, akan diikuti dengan pelatihan-pelatihan. Sehingga relawan Anies yang akan menjadi saksi Pilpres 2024 memiliki kemampuan mumpuni untuk mengantisipasi kecurangan.

Bakorsi menargetkan semua TPS di Indonesia bisa diawasi minimal tiga orang saksi dari Capres Anies Baswedan. Sehingga diperkirakan ada 2.400.000 saksi yang akan disiapkan Bakorsi. “Bahkan jika maksimal bisa 5 saksi per TPS,” ungkap Wakil Ketua MPR ini.



Penyiapan saksi menjadi fokus para relawan Anies, kata Tamsil, didasarkan pada pengalaman-pengalaman di pemilu, serta adanya informasi tentang kemungkinan adanya kecurangan. “Kita akan hadapi dengan penyiapan saksi yang kuat,” kata wakil daerah dari Dapil Sulawesi Selatan ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)