Lukas Enembe Dilarikan ke RSPAD, KPK: Karena Tidak Mau Makan dan Minum Obat

Senin, 17 Juli 2023 - 10:08 WIB
loading...
Lukas Enembe Dilarikan ke RSPAD, KPK: Karena Tidak Mau Makan dan Minum Obat
KPK menyatakan Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto lantaran kondisi kesehatannya menurun. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto lantaran kondisi kesehatannya menurun. Kondisi kesehatan Lukas Enembe menurun karena tidak mau meminum obat dari dokter.

Kepala Bagian Pemberitaan (Kabag) KPK Ali Fikri mengatakan, Lukas Enembe sempat menolak untuk dibawa ke RSPAD. “Dokter KPK sejak sabtu sudah merekomendasikan agar dirujuk ke RSPAD namun yang bersangkutan menolak. Sehingga tim jaksa kemudian menghubungi pihak keluarganya agar dapat membujuk supaya mau dibawa ke RSPAD,” kata Ali kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

Menurut Ali, kondisi kesehatan Lukas Enembe sempat menurut lantaran tidak mau meminum obat dari dokter. Untuk itu, Ali meminta agar Lukas Enembe bisa kooperatif mengikuti saran dari pihak dokter.

“Ke depan kami berharap yang bersangkutan dapat kooperatif dan disiplin mengonsumsi obat dan mengikuti saran dokter demi kesehatan dan kelancaran proses persidangannya,” ujarnya.


Sebagai informasi, terdakwa kasus suap Lukas Enembe dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto pada Minggu (16/7/2023) malam. Kuasa hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengungkapkan kondisi kesehatan kliennya drop.

Petrus mengatakan Lukas mual, pusing dan sudah dua hari tidak makan. "Sekarang tim medis sedang pasang alat-alat semacam infus makanan untuk Pak Lukas," ucap Petrus saat dikonfirmasi.

Petrus menjelaskan, Lukas awalnya tidak mau dibawa ke RSPAD Gatot Subroto karena kesal dengan sikap jaksa yang sudah menjanjikannya bakal diantar ke RS. Petrus menyebut Lukas sudah dijanjikan hendak dibawa ke RSPAD sejak Sabtu kemarin tetapi baru terealisasi pada Minggu malam ini.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2690 seconds (0.1#10.140)