Jokowi: Pemekaran di Papua untuk Percepatan Pelayanan dan Pembangunan

Sabtu, 08 Juli 2023 - 08:13 WIB
loading...
Jokowi: Pemekaran di Papua untuk Percepatan Pelayanan dan Pembangunan
Presiden Jokowi mengatakan pemekaran yang dilakukan pada Papua dapat mempercepat pelayanan bagi masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemekaran yang dilakukan pada Papua dapat mempercepat pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran juga mempercepat pembangunan di Papua .

"Karena mengontrolnya, controlling, kontrol ke masyarakat lebih dekat, mestinya pelayanan akan lebih baik. Pembangunan juga akan lebih cepat," ungkap Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (8/7/2023).

Jokowi menilai sebelum pemekaran di Papua masyarakat cukup sulit untuk mendapatkan pelayanan karena jarak yang cukup jauh.

"Bayangkan dulu, Ibu kota di Jayapura, yang di Merauke kalau ingin mendapatkan pelayanan dari provinsi datang ke Jayapura jauh banget," ujar Jokowi.


Diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi baru di Papua pada hari Jumat (11/11/2022). Tiga provinsi yang diresmikan adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Di hari yang sama, Tito juga melantik tiga Penjabat (Pj.) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua. Mereka yakni Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)