Kepala BP2MI Tegaskan Perang Semesta Lawan Sindikat Perdagangan Orang

Rabu, 05 Juli 2023 - 00:10 WIB
loading...
Kepala BP2MI Tegaskan Perang Semesta Lawan Sindikat Perdagangan Orang
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat konferensi pers bersama Menko Polhukam Mahfud MD dan Menko PMK Muhajir Effendy di Jakarta, Selasa (4/7/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyatakan perang semesta melawan para sindikat pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. BP2MI mengajak semua komponen bangsa bersinergi melawan mafia Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) .

"Kita tidak akan pernah kalah melawan sindikat mafia yang tega menjual anak bangsa ke luar negeri. Sejak saya dilantik menjadi Kepala BP2MI, saya tegaskan kepada Presiden Jokowi untuk perang semesta dengan para sindikat," tegas Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat konferensi pers bersama Menko Polhukam Mahfud MD dan Menko PMK Muhajir Effendy di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Benny mengungkapkan, PMI ilegal saat ini masih marak. Mengutip data World Bank, dari 9 juta PMI bekerja di luar negeri, hanya sebanyak 4,6 juta yang tercatat secara resmi di BP2MI.

"Makanya saya bilang, kita harus perang semesta. Kita tidak boleh membiarkan masalah kemanusiaan ini terus terjadi,” ungkapnya.


Benny menuturkan, pihaknya sangat berkomitmen memberantas mafia penempatan PMI ilegal. Pihaknya tidak segan-segan menindak tegas jika ada oknum internal BP2MI terlibat praktik kejahatan tersebut.

Benny melanjutkan, selama periode Januari 2020 sampai hari ini, pihaknya telah melakukan pencegahan dan penyelamatan terhadap 7.268 calon PMI. Dari jumlah itu, sebanyak 714 kasus sudah dilimpahkan ke kepolisian, 255 kasus ke kejaksaan dan 42 sudah divonis.

"Kita terus berkomitmen melindungi PMI anak bangsa dari tangan-tangan jahat dari sindikat," tuturnya. Benny berharap melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas) TPPO oleh Presiden Jokowi pemberantasan dan perang semesta melawan sindikat PMI Ilegal terus dimasifkan.

Menko Polhukam Mahfud MD mendukung perang semesta yang diserukan BP2MI. Menurutnya, kesungguhan Kepala BP2MI untuk memberikan pelayanan yang baik untuk PMI, harus didukung.

"Apa yang dikerjakan BP2MI sangat baik. Kita harus dukung dan Pak Benny kita akui semangatnya untuk melawan para mafia. Saya juga kemarin hadir dalam pelepasan PMI secara resmi dari BP2MI sangat baik, pelayanan yang bagus, kita harus dukung yang baik-baik," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)