GMNI Nilai KSAD Dudung Layak Jadi Cawapres

Senin, 03 Juli 2023 - 20:30 WIB
loading...
GMNI Nilai KSAD Dudung Layak Jadi Cawapres
Ketua Umum GMNI Arjuna Putra Aldino menilai sosok Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, layak menjadi cawapres pada Pilpres 2024. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Arjuna Putra Aldino menilai sosok Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, layak menjadi calon waki presiden ( cawapres ) pada Pilpres 2024.

“Sebagai warga negara (Jenderal Dudung) punya hak mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai cawapres, apalagi ini permintaan rakyat,” ujar Arjuna, Selasa (27/6/2023).

Menurut Arjuna, konstitusi dan undang-undang memperbolehkan Jenderal Dudung menjadi kandidat orang nomor dua di Indonesia. Prosesnya dapat berjalan sesuai Ketentuan yang berlaku, walaupun secara konstitusi dan UU tidak memperbolehkan tentara aktif bermain politik praktis.

“Pak Dudung layak jadi cawapres asalkan diusung partai politik,” katanya.



Arjuna mengatakan, harus ada skema atau strategi bagi mantan Pangkostrad itu jika ingin menjadi kandidat wapres pada pesta demokrasi nasional lima tahunan itu. Sebab, hal itu tidak mudah karena hampir semua ketum partai politik juga menginginkan jabatan wapres.

"Menurut saya capres akan mencari cawapres yang bisa menambah suara. Artinya bisa memberi insentif elektoral,” tandas Arjuna.

Walaupun menjadi cawapres bukan kemauan Dudung, namun Arjuna mendorong agar jenderal bintang 4 itu menemui pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, dan masyarakat kecil.

Hal ini sangat dibutuhkan, karena ketika disurvei dan elektabilitasnya tinggi maka dia akan dilirik oleh pimpinan partai politik untuk diusung menjadi kandidat wapres.

“Pak Dudung harus bisa bersaing dengan ketum-ketum partai karena ketum-ketum partai itu ingin menjadi cawapres juga,” tutur Arjuna.

“Tantangannya memang berat. Beliau harus dibantu untuk berkomunikasi dengan elite partai dan masyarakat. Artinya, mempersiapkan diri lah,” pungkas Arjuna.

Diketahui, sudah ada tiga elit partai politik yang menilai Jenderal Dudung layak sebagai cawapres. Mereka adalah politisi PDI-Perjuangan Kapitra Ampres, politisi PPP Fernita Darwis, dan politisi NasDem Irma Suryani Chaniago.

Mereka menilai, Jenderal Dudung adalah sosok pemimpin tegas dan dekat dengan semua kolompok masyarakat. Bagi mereka, pengalaman, kapasitas, kapabilitas dan integritas Dudung sudah cukup menjadi modal untuk menjadi kandidat wapres melalui Pemilu 2024.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)