Cawapres Ideal untuk Ganjar: Erick Thohir, Sandiaga Uno, atau TGB?

Senin, 03 Juli 2023 - 16:44 WIB
loading...
Cawapres Ideal untuk Ganjar: Erick Thohir, Sandiaga Uno, atau TGB?
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga nama mengemuka sebagai calon pendamping Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 . Siapa lebih berpeluang jadi cawapres: Erick Thohir, Sandiaga Uno, atau TGB Muhammad Zainul Majdi?

Dalam rilis survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), ada dua nama kandidat terkuat berpeluang mendampingi Ganjar, yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Bacawapres Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno.

Meskipun demikian, kedekatan antara Ganjar Pranowo dengan Ketua Harian DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi juga terlihat saat keduanya bertemu di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.

Cawapres Ideal untuk Ganjar: Erick Thohir, Sandiaga Uno, atau TGB?


Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebutkan, terkait nama bacawapres yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo saat ini yang terkuat masih ada di dua nama.

"Ada nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno. Kita laksanakan pada Mei 2023 survei ini kita tanya siapa yang paling baik mendampingi Ganjar Pranowo. 19,6 persen Erick Thohir, Sandiaga Uno 14,3 persen. Hanya beda 5 persen, tidak signifikan secara statistik bila dilihat dari margin of error," ujar Saidiman dalam program Talk Politics with Reinhard yang mengangkat tema 'Cawapres Ideal Untuk Ganjar' di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Dibandingkan sejumlah nama kandidat Bacawapres Ganjar Pranowo lainnya, Saidiman melihat nama Erick dan Sandiaga yang paling berpeluang dalam mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 .



"Ini Pilpres 2024 sangat menarik, karena tidak ada capres yang dominan di atas 50 persen. Kalau tiga paslon maju tidak mungkin satu putaran, pasti dua putaran. Jadi pertimbangan elektabilitas harus dibarengi dengan resistensi, yang harus dimitigasi dengan tokoh cawapres yang memiliki basis massa berbeda dengan PDI Perjuangan," jelasnya.

Dalam beberapa kali pilpres, lanjutnya, ada tokoh nasionalis dan tokoh Islam menjadi pola yang dipilih. "Sehingga ada nama Pak TGB juga cukup berpeluang menjadi Bacawapres Ganjar selain nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)