Pembebasan Pilot Susi Air, Jokowi: Kita Terus Bernegosiasi

Senin, 03 Juli 2023 - 12:32 WIB
loading...
Pembebasan Pilot Susi Air, Jokowi: Kita Terus Bernegosiasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan negosiasi terus dilakukan untuk membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB di Papua. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal tenggat waktu negosiasi antara pemerintah dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terkait pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens. Jokowi menegaskan, negosiasi terus dilakukan.

"Kita akan terus berusaha bernegosiasi," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Jokowi mengungkapkan bahwa tidak hanya negosiasi yang dilakukan oleh pemerintah. Namun, dirinya tidak mau mengatakan secara detail cara-cara yang dilakukan pemerintah tersebut.

"Sebetulnya banyak hal yang kita lakukan di sana, tetapi tidak bisa saya buka di sini," kata Jokowi.



Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membantah bahwa 1 Juli 2023 merupakan tenggat waktu atau hari terakhir negosiasi antara pemerintah dan KKB, terkait pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Yudo menjelaskan, tidak ada batas waktu yang ditentukan dalam proses negosiasi. Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu pun telah memerintahkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI Agus Suhardi dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan untuk terus melakukan negosiasi.

"Ya tenggat waktunya enggak bisa tentukan, yang jelas saya sampaikan kepada Pak Pangkogabwilhan III maupun Pak Pangdam untuk terus melaksanakan negosiasi," kata Yudo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (30/6/2023).

Sebelumnya dikabarkan, pimpinan KKB yakni Egianus Kogoya mengatakan bahwa pihaknya memberikan waktu kepada pemerintah Indonesia untuk melakukan negosiasi hingga 1 Juli 2023.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)