Prabowo Ingin Lima Program Ekonomi Rakyat Semakin Terjangkau

Sabtu, 01 Juli 2023 - 12:30 WIB
loading...
Prabowo Ingin Lima Program Ekonomi Rakyat Semakin Terjangkau
Bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan motivasi saat konsolidasi kader di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/6/2023). FOTO/ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut ada lima program ekonomi yang harus semakin terjangkau oleh rakyat. Program ekonomi tersebut diharapkan bisa diperoleh seluruh rakyat secara gratis.

Lima program ekonomi rakyat adalah kesehatan, pendidikan, perumahan, sembako, dan pinjaman untuk usaha. "Aneka program ini dibuat agar wong cilik, rakyat banyak, bisa tersenyum dan tertawa. Mereka tak lagi terlalu berat menjalani hidupnya, apalagi akibat tiga tahun pandemi Covid-19," kata Prabowo Subianto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Menurutnya, lima program ekonomi rakyat ini juga sejalan dengan semangat program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan berbagai kartunya, antara lain Kartu Indonesia Sehat (KIS) hingga Kartu Indonesia Pintar (KIP). Prabowo menyatakan segera merumuskan program lainnya karena lima program ekonomi rakyat ini hanya bagian dari program yang lebih besar untuk membangkitkan ekonomi Indonesia lebih cepat.



Sebelumnya, pada Minggu (25/6/2023), di hadapan ribuan kadernya, Prabowo sudah menyatakan sebagian pandangannya terkait lima program ekonomi rakyat tersebut. "Kalau sakit bisa ke rumah sakit dengan baik, bisa berobat tidak usah bayar terlalu tinggi. Kalau perlu tidak bayar sama sekali," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) ini.

Terkait pendidikan, Prabowo menyatakan seluruh anak di Indonesia harus mendapatkan akses pendidikan dengan baik. Seluruh orang tua di Indonesia tak perlu khawatir memikirkan sekolah anak-anaknya. "Anak-anak kita, setiap laki-laki dan setiap perempuan, bisa tidur malam dengan nyenyak, tidak khawatir apa yang terjadi besok," ujarnya.

Bakal calon presiden (capres) 2024 ini mengutip proyeksi dari lembaga internasional, PricewaterhouseCoopers. Lembaga penyedia jasa auditor besar dunia menyatakan Indonesia akan menjadi negara keempat terbesar dunia secara ekonomi pada 2050. Saat itu, negara terbesar lain di atas Indonesia hanya China, India, dan Amerika Serikat.



Namun, kata Prabowo, negara hanya kuat jika ekonomi rakyat juga diperkuat. Menurutnya, tidak ada negara yang benar-benar bisa kuat jika mayoritas rakyatnya tak bisa menjangkau pendidikan, kesehatan, perumahan, hingga pinjaman dana untuk usaha.

"Maka, saya dedikasikan hidup saya untuk ikut memperkuat ekonomi rakyat," katanya.

Prabowo menyatakan akan segera mengumpulkan ekonom terbaik bangsa untuk membuat academic paper, sehingga secara detail bisa dipakai untuk membangkitkan ekonomi rakyat Indonesia.

"Lima program ekonomi rakyat ini, pendidikan, kesehatan, perumahan, sembako, dan pinjaman dana untuk usaha rakyat, harus semakin terjangkau, semakin mudah didapat, dan semakin cepat diakses, bahkan untuk beberapa kasus digratiskan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2700 seconds (0.1#10.140)