3 Kabareskrim Polri Jadi Wakapolri, Nomor Terakhir Merasakan Kepemimpinan 2 Kapolri Berbeda

Rabu, 28 Juni 2023 - 12:11 WIB
loading...
3 Kabareskrim Polri Jadi Wakapolri, Nomor Terakhir Merasakan Kepemimpinan 2 Kapolri Berbeda
Terdapat sejumlah nama Kabareskrim Polri yang melesat menjadi Wakapolri di kemudian hari. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah nama Kabareskrim Polri yang melesat menjadi Wakapolri di kemudian hari. Salah satunya pernah merasakan kepemimpinan dua Kapolri berbeda.

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) merupakan unsur pelaksana Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di tingkat Markas Besar (Mabes). Unit ini dipimpin oleh seorang Kepala Bareskrim (Kabareskrim).

Pada riwayatnya, telah banyak perwira tinggi Polri yang mengisi jabatan Kabareskrim. Beberapa di antaranya diketahui menjadi Wakapolri di kemudian hari. Siapa sajakah mereka?


Kabareskrim Polri yang Melesat Jadi Wakapolri

1. Komjen Pol Agus Andrianto

Komjen Pol Agus Andrianto merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Tempo hari, jenderal polisi bintang tiga ini ditunjuk untuk menjabat Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri).

Pada tugas barunya, Agus akan menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Ketentuan ini didasarkan pada surat telegram Nomor:ST/1393/VI/KEP./2023 tertanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Agus Andrianto lahir di Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967. Dia tercatat sebagai jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989.

Pada perjalanan kariernya, Agus memiliki riwayat panjang yang berhasil mengantarkannya hingga menjadi Wakapolri. Sebelum ditunjuk menjadi Wakapolri, jabatan yang ditempatinya adalah Kabareskrim Polri.

Saat menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Porli, Agus Andrianto dilantik langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Upacara serah terima jabatan (Sertijab) kala itu berlangsung di Gedung Bareskrim Polri pada 24 Februari 2021.

Selain kedua jabatan tersebut, sejumlah posisi strategis lain juga pernah ditempati Agus. Di antaranya adalah Wakapolda Sumut (2017), Kapolda Sumatra Utara (2018), hingga Kabaharkam Polri (2019).

2. Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto

Berikutnya ada nama Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Ari Dono Sukmanto. Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1985.

Pada perjalanan kariernya, Ari Dono telah banyak mencicipi posisi strategis di kepolisian. Salah satu di antaranya adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) periode 2016-2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)