Profil Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang Berpengalaman Berantas Aksi Premanisme

Selasa, 27 Juni 2023 - 09:01 WIB
loading...
Profil Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang Berpengalaman Berantas Aksi Premanisme
Sosok Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak merupakan salah satu perwira polisi yang masuk dalam mutasi jabatan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak merupakan salah satu perwira polisi yang masuk dalam mutasi jabatan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Saat ini dirinya tengah mengemban amanat baru sebagai Ditreskrimum Baru Polda Metro Jaya .

Mutasi itu tertuang pada Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1394/VI/KEP/2023 tertanggal 24 Juni 2023. Telegram tersebut juga telah ditandatangani oleh Irjen PolDedi Prasetyo selaku SDM Polri.

Sebelum dimutasi, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak merupakan salah satu perwira yang berpengalaman dalam bidang reserse. Salah satu kasus yang pernah diringkusnya adalah aksi premanisme yang terjadi di wilayah hukumnya, tepatnya di bawah naungan Polres Surakarta.


Profil Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Ade Safri Simanjuntak diketahui lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 26 Desember 1974. Pria bermarga Batak Toba ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1996 dari kecabangan Reserse.

Selain Akpol, Ade juga pernah menempuh pendidikan kemiliteran lain. Beberapa di antaranya seperti PTIK, SESPIM (2010) dan SESKO TNI (2022).

Berangkat dari sederet pendidikan kepolisian dan militer yang pernah ditempuhnya itu, Ade tercatat kerap menduduki posisi penting dalam instansi kepolisian. Karier menterengnya itu dimulai sejak menjabat Kasat Lantas Poltabes Surakarta.

Pada tahun 2010, ia ditunjuk menjadi Pamen Polda Jateng dan dilanjutkan dengan menjadi Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim. Namun jabatannya di Polda Jatim tersebut harus berakhir lantaran Ade dipindah tugaskan ke Pulau Papua.



Dimulai pada tahun 2014, Ade mulai ditugaskan menjadi Pamen Polda Papua. Dua tahun setelah menjabat, Ade pun kembali masuk dalam daftar rotasi jabatan dan ditunjuk menjadi Kapolres Karanganyar.

Baru satu tahun menjabat sebagai Kapolres, ia pindah tugas untuk menjadi Wadirsabhara Polda Jabar. Jabatan tersebut melanggeng hingga tiga tahun lamanya sebelum ia dipindah ke Polda Lampung.

Di awal tahun 2020, Komisaris Besar Polisi yang satu ini pernah ditunjuk menjadi Ditreskrimsus Polda Lampung. Namun jabatan tersebut hanya seumur jagung karena di tahun yang sama, ia dipindah kembali untuk menjadi Kapolresta Surakarta.

Dua tahun menjabat sebagai Kapolres, Ade dipindah tugaskan menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri. Karena pengalamannya dalam bidang reserse, Ade pun ditunjuk Kapolri menjadi Ditreskrimum Baru Polda Metro Jaya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)