Megawati hingga Jokowi Nikmati Tari Kecak di Puncak Bulan Bung Karno

Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:47 WIB
loading...
Megawati hingga Jokowi Nikmati Tari Kecak di Puncak Bulan Bung Karno
Ribuan penari Kecak Jenger menghibur tamu undangan acara puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (24/6/2023). FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan aksi ribuan penari Kecak Jenger di pengujung acara puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (24/6/2023).

Tari Kecak Jenger yang dibawakan ribuan penari wanita ini merupakan persembahan khusus dari putra bungsu Presiden Soekarno, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra atau Guruh Soekarno.

Dari bangku VVIP, Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta ketua umum parpol undangan tampak menyaksikan penampilan tari kecak tersebut. Ribuan wanita mengenakan baju merah dengan angka 3 di punggung, serta riasan khas Bali berlari masuk dalam Stadion GBK. Mereka langsung kompak membuat formasi awal.



Masing-masing dari penari juga membawa dua kipas berwarna putih dan merah. Melalui tayangan video, diceritakan Bung Karno menganggap kesenian sebagai repersentasi budaya bangsa. Bung Karno dan seni selalu berdampingan.

Tepuk tangan meriah langsung menggema di SUGBK sesaat penampilan ribuan penari dimulai. Lagu Putra Sang Fajar menjadi pembuka penampilan Tari Kecak dan pertunjukan kebudayaan itu.

Di sela-sela penampilan Tari Kecak, perjalanan hidup Bung Karno dikisahkan memalui penampilan di tengah Stadion GBK.Seorang pria berpakaian serba putih terlihat menuju ke tengah panggung. Di situ digambarkan sosok Bung Karno yang begitu dicintai oleh rakyat Indonesia.



Dalam penampilan itu juga diulas perjalanan karier dan hidup Bung Karno sejak lahir, kuliah, mendirikan PNI hingga menjadi Sang Proklamator Bangsa Indonesia.

Penampikan pakaian adat dari seluruh tanah air juga ditampilkan. Lagu-lagu kebangsaan juga terus diputar selama penampilan kesenian tersebut. Tepuk tangan meriah menggema di Stadion GBK sebagai penanda penutupan penampilan kesenian Tari Kecak tersebut.

Guruh Soekarnoputra menjelaskan, apa yang dipersembahkannya dalam acara ini merupakan hal yang tak biasa. Pasalnya Tari Kecak itu akan dilakukan seluruhnya oleh para wanita. Dia mengatakan, para penari wanita tersebut menarikan Tari Kecak sebagaimana pernah dilakukan oleh Sang Proklamator RI pada 1958 hingga gelaran Asian Games tahun 1962.

"Tarian kecak ditarikan oleh wanita ini siapa yang punya inisiatif? Awalnya itu Bung Karno. Kira-kiranya di tahun mulai di tahun 58, 59 terus sampai dengan Asian Games ke empat waktu itu tahun 62 itu dipentaskan di tarian kecak oleh berapa ribu wanita waktu itu," kata Guntur.

"Dan di sini saya hanya melanjutkan apa yang telah dirintis, digagas oleh Bung Karno itu, juga ini sama dengan inisiatif dari Ibu Mega," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)