Puncak Bulan Bung Karno, PDIP Libatkan 300 Pemulung Kelola Sampah

Sabtu, 24 Juni 2023 - 11:40 WIB
loading...
Puncak Bulan Bung Karno, PDIP Libatkan 300 Pemulung Kelola Sampah
PDIP melibatkan ribuan kader dan 300 pemulung untuk mengelolaan sampah berkelanjutan pada puuncak Bulan Bung Karno di GBK, hati ini. Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ribuan kader PDIP dan ratusan pemulung ikut dilibatkan pada puncak perayaan Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno hari ini. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan hal ini adalah penerapan manajemen pengelolaan sampah berkelanjutan (waste management system) yang membuktikan concern PDIP terhadap isu lingkungan dan kelestarian bumi.

Hasto menyampaikan, selama ini telah menerapkan standar manajemen sampah bagi dalam setiap kegiatan partai. Khusus acara ini, di seluruh area stadion Gelor Bung Karno dan sekitar arena acara dikerahkan 3 ribu anggota Komunitas Juang.

"Komunitas Juang ini bergotong royong dengan kelompok masyarakat yang fokus pada lingkungan hidup dan dibantu dari Dinas Kebersihan Kota Jakarta untuk membersihkan dan mengolah sampah- sampah selama acara berlangsung," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sabtu (24/6/2023).



Komunitas Juang adalah salah satu unit organisasi partai yang berbasis di Jawa Tengah dengan pengampu Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang 'Pacul' Wuryanto. Anggotanya adalah mayoritas anak-anak berusia muda di bawah 30 tahun.

Selain itu, kata dia, ada setidaknya 400 orang personil dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang turut bergotong royong mewujudkan waste management system di acara puncak BBK 2023 ini.

"Kami juga melibatkan 300 pemulung. Dan sampah-sampah tersebut, selain dapat didaur ulang, yang akan dipilih akan menjadi penghasilan tambahan buat mereka," ujarnya.

"Plastik dan sampah residu akan dipisahkan. Plastik akan ditingkatkan nilai ekonomisnya membentuk sirkular ekonomi. Dana yang terkumpul akan dibagikan untuk para pemulung yang disebut sebagai pasukan Pro Lestari," sambung Hasto.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)