Penampakan Ratusan Siswa Komcad Matra Laut Unjuk Kemampuan Dasar Militer

Sabtu, 24 Juni 2023 - 05:09 WIB
loading...
Penampakan Ratusan Siswa Komcad Matra Laut Unjuk Kemampuan Dasar Militer
Ratusan siswa Komcad Matra Laut mengikuti Diklatsarmil di Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal yang berada di Gunung Sari Surabaya. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ratusan siswa Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal (Kodikmar Kodiklatal) yang berada di Gunung Sari Surabaya.

Atraksi dan demonstrasi kemampuan dasar militer yang telah mereka peroleh kemudian ditampilkan di hadapan Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar KSAL) Mayjen TNI (Mar) Markos.

Penampakan Ratusan Siswa Komcad Matra Laut Unjuk Kemampuan Dasar Militer


Hadir dalam Monitoring dan Evaluasi Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 tersebut yakni, Dankodikmar Brigjen TNI Mar M Nadir, Paban II Spotmaral Kol.Laut (P) Ketut Budiantara, Wadan Kodikamr Kol Mar Efhardian, Dansatgas Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 Kolonel Mar Widoyono dan para pejabat Kodikmar.



Dalam kesempatan tersebut Aspotmar KSAL menyampaikan, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sebuah pasukan cadangan militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

Penampakan Ratusan Siswa Komcad Matra Laut Unjuk Kemampuan Dasar Militer


Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hal tersebut dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 mengenai pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

"Komponen cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida,” ujar Mayjen TNI (Mar) Markos dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (24/6/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)