Menko Polhukam Dalami Pihak yang Pernah Aktif di Al Zaytun

Jum'at, 23 Juni 2023 - 12:50 WIB
loading...
Menko Polhukam Dalami Pihak yang Pernah Aktif di Al Zaytun
Pemerintah masih mendalami soal dugaan penyimpangan ajaran agama yang terjadi di Ponpes Al Zaytun. Hal ini dikatakan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah masih mendalami soal dugaan penyimpangan ajaran agama yang terjadi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ), Mahfud MD.

Menko Polhukam menjelaskan, salah satu yang dilakukan Kemenko Polhukam, adalah mendalami kasus tersebut dari sumber-sumber lain, seperti pihak-pihak yang pernah aktif di Ponpes Al Zaytun.

"Saya sebagai Menko Polhukam masih mendalami dari sumber-sumber lain yang pernah aktif di Al Zaytun," kata Mahfud MD, Kamis (22/6/2023).

Setelah itu, kata Mahfud, pihaknya akan memilah antara penyimpangan ajaran agama dan tindakan pidana yang terjadi di ponpes yang dipimpin Panji Gumilang tersebut.

"Selanjutnya kita akan memilah mana yang terkait dengan pembinaan pesantren yang santri-santrinya harus dijaga dan mana yang terkait dengan pelanggaran hukum pidana," ucapnya.



Pendalaman-pendalaman yang dilakukan, juga akan dikonfirmasi ke Tim Investigasi Ponpes Al Zaytun yang dibentuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Saya juga masih akan mengonfirmasi dengan Tim Investigasi yang dibentuk oleh Gubernur Jawa Barat," katanya.

Lebih lanjut, Mahfud pun membenarkan bahwa sudah ada rapat koordinasi antara Kemenko Polhukam, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, dan Badan Intelijen Negara, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Rapat Eselon I Lintas Kementerian dan Kembaga dengan tambahan penjelasan dari MUI sudan dilakukan Rabu (21/6/23) kemarin," ucapnya.

Namun Mahfud belum memerinci terkait pembahasan dan hasil sementara dari rapat koordinasi tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)