4 Fakta Megawati Soekarnoputri yang Menerima Brevet Hidro-Oseanografi dari TNI AL

Kamis, 22 Juni 2023 - 21:20 WIB
loading...
4 Fakta Megawati Soekarnoputri yang Menerima Brevet Hidro-Oseanografi dari TNI AL
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan brevet kehormatan hidro-oseanografi dari TNI Angkatan Laut (AL). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan brevet kehormatan hidro-oseanografi dari TNI Angkatan Laut (AL). Penyematan dilakukan dalam sebuah acara yang dibalut seminar Hari Hidrografi Dunia 2023 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Adapun penyematan brevet dilakukan Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri sebagai wakil dari KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali yang berhalangan hadir.

Tak hanya mendapat penyematan brevet, Megawati juga datang sebagai salah satu pembicara di seminar yang mengambil tema “Hydrography; Underpinning The Digital Twin of The Ocean”.


Fakta Megawati Soekarnoputri

Berikut sejumlah fakta dari Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-5 RI yang mendapat brevet Hidro-Oseanografi.

1. Putri Presiden Soekarno

Megawati lahir di Yogyakarta, pada 23 Januari 1947. Dia merupakan putri Soekarno dan Fatmawati.

Di kemudian hari, Megawati mengikuti jejak ayahnya menjadi Presiden Indonesia. Dia menjadi orang nomor satu di Indonesia pada periode 2001-2004.

2. Presiden Perempuan Pertama di Indonesia

Megawati Soekarnoputri merupakan Presiden Indonesia ke-5. Menggantikan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dia menjabat pada periode 2001 hingga 2004.

Melihat deretan presiden yang pernah memimpin Indonesia sebelumnya, Megawati tercatat sebagai perempuan pertama yang berhasil menempati posisi tersebut. Sebelum jadi presiden, putri proklamator Indonesia ini sempat menjadi Wakil Presiden (Wapres) mendampingi Gus Dur.


3. Ketua Umum PDIP

Sosok Megawati Soekarnoputri memiliki kaitan yang cukup lekat dengan PDIP. Tercatat, putri Presiden Soekarno ini menjadi salah satu ketua umum (ketum) partai yang menjabat paling lama di Indonesia.

4. Menerima Brevet Hidro-Oseanografi

Presiden RI Kelima yang juga menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri menerima brevet kehormatan hidro-oseanografi dari TNI Angkatan Laut (AL).

Acara penyematan dilakukan dalam sebuah acara yang dibalut seminar Hari Hidrografi Dunia 2023 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (21/6/2023).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)