Jenderal Listyo Sigit Tegaskan Polri Siap Jadi Organisasi Modern Tidak Antikritik

Kamis, 22 Juni 2023 - 10:50 WIB
loading...
Jenderal Listyo Sigit Tegaskan Polri Siap Jadi Organisasi Modern Tidak Antikritik
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam kegiatan Penganugerahan Kompolnas Award Tahun 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023, malam. Foto/Puteranegara
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerukan, Polri siap untuk menjadi organisasi modern yang beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal ini demi memberikan perlindungan, pelayanan, dan pengayoman, terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Penegasan tersebut disampaikan Jenderal Listyo Sigit dalam kegiatan Penganugerahan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Award Tahun 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023, malam.

"Tentunya yang bisa kami lakukan bahwa, Polri harus mempersiapkan diri sebagai organisasi modern untuk siap membuka diri, menerima koreksi dan tentunya tidak antikritik," kata Kapolri.

Dalam kesempatan itu, awalnya Kapolri mengakui, setiap elemen warga berhak mengawasi seluruh personel Kepolisian dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pelayan dan pengayom serta pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkadang, seluruh hal itu tidaklah mudah sebalik membalikan telapak tangan dalam pelaksanaan nyata di lapangan.

"Kami sadari bahwa kami memiliki tugas pokok yang tentunya dalam keseharian selalu diikuti. Dan tidak mudah untuk melaksanakan apa yang namanya harkamtibmas, perlindungan, pelayanan, pengayoman serta melakukan penegakan hukum," ujar Kapolri.



Selain tugas pokok tersebut, Kapolri mengungkapkan, Polri bersama dengan TNI dan seluruh stakeholder terkait juga memiliki tanggung jawab untuk mengawal dan memastikan seluruh kebijakan program Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat berjalan dengan baik dan lancar. Khususnya di tengah situasi global yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini.

"Kita harus memastikan bahwa program itu berhasil untuk mempersiapkan agar kita bisa lepas landas menuju Indonesia Emas tahun 2045. Di sisi lain kita dihadapkan dinamika kegiatan operasional yang tentunya disamping ada hal yang tentunya menjadi hal-hal bisa dinilai positif, namun juga ada hal kemudian menjadi negatif manakala itu terjadi penyimpangan yang dilakukan di era digital, hyper connectivity," ujar Sigit.

Kapolri menyebut, saat ini Indonesia sudah memasuki era citizen journalism atau jurnalisme warga. Di mana pun, kapan pun, dan siapa pun bisa menjadi sumber berita, sehingga semua menjadi lebih terbuka.

"Setiap apa yang kita lakukan, masyarakat tahu pada saat baik, maka apabila masyarakat kemudian ingin angkat menjadi baik. Demikian pula sebaliknya pada saat kita buruk, apabila masyarakat angkat dan viralkan maka wajah kita menjadi buruk. Ini adalah risiko yang kita hadapi di dalam era seperti ini," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)