Jakarta Riwayatmu Nanti

Kamis, 22 Juni 2023 - 11:20 WIB
loading...
Jakarta Riwayatmu Nanti
Ilustrasi Win Cahyono/SINDONews
A A A
ULASANmenarik diangkat media Argentina, Sol Play 91.5, tentang Kota Jakarta , lokasi digelarnya pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Argentina , belum lama ini. Ditulis media tersebut, Jakarta yang kini berulang tahun ke-496, pada 22 Juni 2023, menghadapi banyak masalah.

baca juga: Arti Logo dan Tema HUT ke-496 DKI Jakarta 22 Juni 2023

Salah satunya, kota dengan penduduk lebih dari 10 juta jiwa ini akan tenggelam ke Samudera Hindia. Pasalnya setiap tahun permukaan tanah di kota terpadat keempat di dunia ini, turun 25 sentimeter, akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan. Apa yang disampaikan oleh Media Argentina itu memang bukan sindiran, tapi memang fakta sesungguhnya yang dihadapi Jakarta saat ini.

Hasil penelitian yang di-publish Geophysical Research Letters Maret 2023 lalu menyatakan Jakarta berada di urutan ke-3 setelah Tianjin, China dan Semarang, kota di dunia yang akan paling cepat tenggelam. Berdasarkan penelitian itu, di Tianjin terjadi penurunan tanah hingga 5,22 cm per tahun sejak 2015-2020. Semarang di urutan ke-2 dengan rata-rata penurunan 3,96 cm per tahun, sedangkan penurunan daratan Jakarta berada di angka 3,44 cm per tahun.

Presiden Amerika Joe Biden dalam pidatonya di Kantor Direktur Intelijen Nasional, pada 27 Juli 2021 tentang pemanasan global, menyatakan Jakarta akan mulai tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun lagi. Jika prediksi Joe Biden itu benar, maka pada 2030-an akan ada migrasi besar-besaran dari penduduk Jakarta menghindari banjir yang makin parah.

baca juga: Sambut HUT ke-496 Jakarta, BPBD Pamer Ketangguhan DKI Hadapi Bencana Tahun 2023

Saat Jakarta mulai tenggelam boleh jadi statusnya bukan lagi sebagai Ibu Kota, karena Ibu Kota Indonesia sudah berpindah ke Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Meski bukan lagi sebagai Ibu Kota, daya tarik Jakarta sebagai kota bisnis tetap masih kuat. Ditunjang oleh kesiapan sarana infrastruktur yang relatif lengkap, Jakarta masih bakal ramai didatangi orang.

Tak hanya itu, letaknya yang strategis juga menjadi kelebihan Jakarta. Kota pelabuhan ini sudah menjadi kota penting sejak jaman Kerajaan Hindu Pajajaran hingga Kerajaan Islam Mataram. Terus berlanjut hingga kedatangan Negara-Negara Eropa seperti Portugis, Belanda dan Inggris. Sudah menjadi takdir, Jakarta akan selalau jadi kota penting, kota besar dari jaman ke jaman, meski tak lagi jadi Ibu Kota.

Namun memang, jika Jakarta mulai tenggelam entah bagaimana nasib mereka yang tinggal di Kepulauan Seribu atau yang berada di pulau-pulau reklamasi. Semoga saja semua pihak, stakeholder yang ada di Jakarta sudah memulai memikirkan hal itu.

baca juga: Daftar Rangkaian Acara Menyambut HUT 496 Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)