KSAD Jenderal Dudung Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar dari Militer

Kamis, 22 Juni 2023 - 01:13 WIB
loading...
KSAD Jenderal Dudung Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar dari Militer
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dinilai paling beropotensi menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman paling beropotensi menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo dari kalangan militer. Sebab, Jenderal Dudung dianggap berpotensi kuat menambah perolehan suara dalam Pilpres 2024.

Analis politik dari Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting mengatakan, Dudung yang berasal dari etnis Sunda, dikenal sebagai prajurit TNI yang tegas, berani, dan dekat dengan kalangan Islam.

Jawa Barat adalah lumbung terbesar suara dalam pemilu. Dari Dudung diharapkan akan mendapatkan dukungan dari wilayah Jawa Barat plus Banten.

Dua wilayah bagian dari suku Sunda yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Termasuk jumlah pemilih terbanyak dalam pemilu.

Menurut Ginting, Dudung termasuk pimpinan TNI yang rajin mengunjungi pesantren dan organisasi massa Islam di Tanah Air.


Termasuk menjadi ayah asuh anak-anak yatim piatu di sejumlah pesantren, membuat program bagi kalangan santri untuk masuk TNI AD. Begitu juga aktivitas kompetisi sepakbola lingkungan santri dan sekolah-sekolah Islam.

“Dudung identik dengan figur nasionalis religius sebagai gambaran ideal pemimpin bangsa Indonesia. Bisa menjadi imam sholat, khotib, mengaji, sebagaimana kaum santri,” kata Ginting pada Rabu (21/6/2023).

Selain Dudung, sosok yang diprediksi Selamat menjadi cawapres Ganjar adalah Sandiaga Uno dan Nasaruddin Umar. Dudung, Sandi, dan Nasaruddin Umar memiliki latar belakang berbeda dengan Ganjar yang dipersepsikan sebagai politikus nasionalis sekuler sesuai karakter dari PDIP.

PDIP, lanjut Ginting, akan melihat kandidat bakal cawapres dari koalisi kompetirornya. Jika mengusung pengusaha, maka yang akan ditampilkan adalah Sandiaga Uno.

Jika menampilkan figur dari militer, maka PDIP akan menempatkan Jenderal Dudung Abdurachman. Selanjutnya, jika koalisi lawan menampilkan tokoh ulama, maka partai banteng moncong putih akan menyorongkan Nasaruddin Umar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)