5 Kasum TNI dengan Masa Jabatan Tersingkat, Nomor Terakhir Cuma 3 Hari

Rabu, 21 Juni 2023 - 18:06 WIB
loading...
5 Kasum TNI dengan Masa Jabatan Tersingkat, Nomor Terakhir Cuma 3 Hari
Terdapat sejumlah Kasum TNI yang menjabat dalam waktu singkat. Salah satunya Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Kasum TNI yang menjabat dalam waktu singkat. Salah satunya bahkan cuma beberapa hari saja.

Kepala Staf Umum TNI atau biasa dikenal Kasum TNI merupakan salah satu jabatan strategis di lingkungan Tentara Nasional Indonesia . Posisi ini biasanya diduduki oleh seorang perwira tinggi (pati) bintang tiga.

Dalam riwayatnya, jabatan Kasum TNI telah ditempati banyak perwira tinggi berbeda. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya hanya menjabat dalam waktu singkat. Siapa sajakah mereka?


Deretan Kasum TNI dengan Masa Jabatan Paling Singkat

1. Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito

Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Sebelum pensiun dari militer, dia sempat menduduki jabatan Kasum TNI selama beberapa waktu.

Ganip dilantik sebagai Kasum TNI pada 1 Februari 2021. Tercatat, dia hanya menempati jabatan ini selama tiga bulan lebih. Pada 25 Mei 2021, Ganip Warsito ditunjuk menjadi Kepala BNPB.

2. Letjen TNI (Purn) Erwin Sudjono

Letjen TNI (Purn) Erwin Sudjono menerima jabatan Kasum TNI pada 19 November 2007. Saat itu, dia menggantikan Letjen TNI Endang Suwarya yang memasuki masa pensiun.

Jabatan Kasum TNI ini juga ditempati Erwin dalam waktu singkat, yakni beberapa bulan saja. Hal ini dikarenakan Erwin Sudjono telah memasuki masa purnatugas. Sebagai gantinya, posisi ditempati Laksdya Tedjo Edhy Purdijatno.


3. Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy

Pada perjalanan karier militernya, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy telah banyak menempati posisi strategis. Salah satunya adalah Kasum TNI.

Suaidi kala itu menggantikan posisi Letjen Soegiono pada 3 Desember 1999. Jabatan tersebut hanya ditempati selama beberapa bulan saja. Pada 8 Maret 2000, dia digantikan Letjen Djamari Chaniago.

4. Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra

Saat ini, Letjen TNI Muhammad Herindra menjabat Wakil Menteri Pertahanan Indonesia. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Magelang ini diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1987.

Tak sekadar lulus, Herindra keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama. Saat masih aktif di militer, sejumlah jabatan penting juga pernah ditempati.

Salah satu di antaranya adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Namun, Herindra hanya menempati jabatan tersebut kurang dari 2 bulan, tepatnya sejak 21 Oktober 2020 hingga 23 Desember 2020.

5. Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna

Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna juga pernah menyemat jabatan Kasum TNI meski dalam waktu yang sangat singkat, yakni 3 hari saja.

Mengutip keterangan Kementerian Sekretariat Negara RI, sebelumnya Agus dijadwalkan untuk dilantik sebagai KSAU pada 31 Desember 2014. Namun, saat itu pangkatnya masih bintang dua, sehingga dilantik lebih dulu menjadi Kasum TNI untuk menjaga ketertiban administrasi kepangkatan di Mabes TNI.

Beberapa hari berselang, barulah Agus Supriatna dilantik menjadi KSAU berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 1/TNI Tahun 2015 yang ditandatangani tanggal 2 Januari 2015.

Itulah deretan Kasum TNI dengan masa jabatan tersingkat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)