Survei Intrans, Ini Urutan Parpol yang Kerap Berinteraksi di Medsos

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:32 WIB
loading...
Survei Intrans, Ini Urutan Parpol yang Kerap Berinteraksi di Medsos
Parpol berlomba mendekati masyarakat melalui berbagai cara, salah satunya berinteraksi melalui medsos. Foto/Parpol Peserta Pemilu 2024/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai politik (parpol) berlomba mendekati masyarakat melalui berbagai cara, salah satunya berinteraksi melalui media sosial (medsos) . Dunia digital menjadi perpanjangan tangan guna menyampaikan visi misi partai bahkan para kader yang akan maju di Pemilu 2024.

Dalam temuan survei Institute for Transformation Studies (Intrans) di tiga medsos, Facebook, Twitter, dan Instagram, menunjukkan pertarungan parpol di dunia digital.



Direktur Eksekutif Intrans Uji Baskoro mengatakan pertarungan di medsos sangat dinamis. Seperti di Facebook dan Twitter, Partai Gerindra unggul. Sementara di Instagram, Partai Demokrat lebih banyak followernya.

"Di Twitter, Gerindra menjadi parpol dengan jumlah pengikut terbanyak dengan jumlah 677,135. Sementara PKS dan PDIP berada di peringkat 2 dan 3 dengan jumlah pengikut 479,103 dan 296,155," ujar Uji Baskoro dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Kemudian, dia menjelaskan Demokrat menjadi partai politik dengan jumlah followers tertinggi di Instagram dengan 608,587 pengikut. Diikuti dengan PKB di peringkat ke-2 dengan 567,407 followers.

"Gerinda menjadi parpol dengan jumlah followers terbanyak di halaman Facebook dengan total 3,457,548. Diikuti dengan PSI di peringkat ke-2 dengan 2,946,985 followers," papar Uji.

Adapun urutan partai politik di Facebook, yakni Partai Gerindra, PSI, PDIP, PKS, Partai Hanura, Partai Perindo, PPP, Partai Demokrat, PAN, Partai Nasdem, PKB, Partai Golkar, Partai Gelora, dan Partai Ummat.



Urutan partai politik di Instagram yakni, Partai Demokrat, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Perindo, PKS, PDIP, PSI, Partai Nasdem, Partai Golkar, PAN, Partai Gelora, Partai Ummat, dan Partai Hanura.

Urutan partai politik di Twitter adalah Partai Gerindra, PKS, PDIP, Partai Demokrat, PSI, Partai Nasdem, PKB, PAN, PPP, Partai Golkar, Partai Perindo, Partai Ummat, Partai Gelora, dan Partai Hanura.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)