Wapres Minta Menko Polhukam dan Menag Usut Dugaan Sesat Ponpes Al Zaytun

Selasa, 20 Juni 2023 - 16:00 WIB
loading...
Wapres Minta Menko Polhukam dan Menag Usut Dugaan Sesat Ponpes Al Zaytun
Wapres Maruf Amin meminta Menko Polhukam Mahfud MD dan Menag Yaqut Cholil Qoumas untuk mengusut dugaan ajaran sesat Ponpes Al Zaytun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin meminta Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk mengusut ajaran di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun , Indramayu, Jawa Barat. Diduga ajaran di Ponpes Al Zaytun tersebut sesat.

Sebelumnya, Wapres mengatakan bahwa saat ini sudah ada kajian dari Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat, dari Persatuan Islam (Persis), bahkan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ajaran Ponpes Al Zaytun yang dipimpin oleh Panji Gumilang itu.

"Saya kira nanti kalau sudah pandangan-pandangan dari, Saya dengar dari NU Jawa Barat, dari Persis ya, kemudian dari MUI, nanti saya minta nanti untuk dikoordinasikan di tingkat Menko Polhukam, Menko Polhukam untuk membahas langkah apa yang akan kita ambil," ungkap Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

"Jadi, kita setelah kaji bahwa itu memang sudah ada penyimpanan, kemudian tentu akan ada rapat koordinasi di pihak Menko Polhukam dan juga Kementerian Agama saya minta untuk ditindaklanjuti," tambah Wapres.



Sebelumnya, ribuan massa yang tergabung dalam Forum Indramayu Menggugat melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

Sementara itu, MUI juga tidak tinggal diam terkait gejolak di masyarakat soal Ponpes Al Zaytun. Sekretaris MUI Jawa Barat, Rafani Achyar mengungkapkan, kajian dugaan ajaran sesat di Ponpes Al Zaytun sudah dikaji sejak bulan lalu oleh tim bentukan MUI Pusat, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)