Survei Indometer: Elektabilitas Gerindra Bayangi PDIP, Nasdem Terus Turun

Selasa, 20 Juni 2023 - 13:10 WIB
loading...
Survei Indometer: Elektabilitas Gerindra Bayangi PDIP, Nasdem Terus Turun
Temuan data dari survei yang dilakukan Indometer menunjukkan kenaikan signifikan elektabilitas Partai Gerindra hingga membayangi PDIP, Selasa (20/6/2023). Foto/Logo Partai Gerindra/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Temuan survei yang dilakukan Indometer menunjukkan kenaikan signifikan elektabilitas Partai Gerindra hingga membayangi PDIP. Di mana selama ini PDIP selalu berada pada posisi unggul.

Elektabilitas Gerindra naik dari 11,7 persen pada survei Februari 2023 menjadi 14,8 persen pada April 2023, dan kini mencapai 16,0 persen. Sementara itu pada periode yang sama PDIP dari 19,0 persen menjadi 16,7 persen, kini naik tipis menjadi 17,3 persen.

Nasib berbeda dari pihak Anies Baswedan, di mana Partai Nasdem sebagai partai pengusungnya terus turun elektabilitasnya. Elektabilitas Nasdem kini tinggal sebesar 2,3 persen.

"Elektabilitas Gerindra membayangi PDIP, sementara itu Nasdem terus melorot," kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Menurut Leonard, persaingan antara PDIP dan Gerindra memperlihatkan fenomena efek ekor jas (coattail effect).

"Makin jelas kaitan antara Pilpres dan Pileg, di mana partai yang mengusung tokoh sebagai capres berpeluang untuk terdongkrak elektabilitasnya," jelas Leonard.

Lonjakan elektabilitas Gerindra terjadi ketika terjadi percepatan situasi politik pencapresan, di mana Prabowo menjadi faktor signifikan. PDIP memutuskan untuk mempercepat deklarasi pencapresan Ganjar.

"Langkah tersebut berhasil menahan tren penurunan, bahkan bisa sedikit menaikkan meskipun elektabilitasnya belum pulih sepenuhnya," tandas Leonard.

Meskipun demikian PDIP harus mewaspadai kemungkinan Gerindra bakal menyalip, atau mengakhiri keunggulan PDIP selama ini.

"Tekad PDIP untuk mencetak hattrick atau menang tiga periode berturut-turut bisa jadi kandas, jika tren Gerindra terus naik," tegas Leonard.

PDIP dan Gerindra mendominasi elektabilitas partai politik, dengan selalu menempati peringkat pertama dan kedua. Partai-partai di bawahnya cenderung stabil, yaitu Golkar (8,8 persen), PKB (7,0 persen), Demokrat (6,2 persen), PSI (5,8 persen), dan PKS (4,4 persen).

"Lambatnya sikap partai-partai lain untuk mendeklarasikan pencapresan Anies dan berlarut-larutnya penentuan siapa cawapres pendamping Anies tidak menolong Nasdem untuk mendapatkan efek ekor jas serupa," Leonard menjelaskan.

Survei Indometer dilakukan pada 5-10 Juni 2023 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia, yang dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Margin of error survei sebesar ±2,98 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)