TGB Diyakini Bisa Naikkan Suara Ganjar Pranowo di NTB

Senin, 19 Juni 2023 - 14:02 WIB
loading...
TGB Diyakini Bisa Naikkan Suara Ganjar Pranowo di NTB
Bacapres Ganjar Pranowo disopiri oleh Ketua Harian Nasional Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi saat berada di Kota Mataram. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB Muhammad Zainul Majdi diyakini bisa mengerek suara bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunjungan Ganjar ke NTB bersama TGB diyakini bakal berdampak besar bagi tingkat keterpilihan Ganjar di provinsi tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa TGB Muhammad Zainul Majdi memiliki magnet politik kuat di NTB. TGB merupakan seorang ulama dan yang pernah menjabat sebagai Gubernur NTB selama dua periode masa jabatan 2008 sampai 2018.

TGB juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), salah satu organisasi besar di NTB. Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menuturkan, NTB tidak banyak mempengaruhi suara kemenangan pilpres, tetapi jika bicara peran TGB, pengaruhnya tidak hanya di NTB.





"TGB punya daya dulang suara cukup baik di kawasan luar Indonesia bagian barat," kata Dedi, Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut Dedi mengatakan keberadaan TGB akan baik dalam mewujudkan komposisi raihan suara. Apalagi Jawa sudah didominasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Ganjar, maka bagian lain menjadi wilayah pertarungan TGB.

"Jika hanya di NTB tentu TGB akan berandil besar, bahkan bisa melengkapi suara di luar NTB," ujar Dedi.

Diketahui sebelumnya, Ganjar Pranowo melakukan konsolidasi di NTB usai sebelumnya melalui kegiatan serupa di Bali. Ganjar menegaskan, di NTB ia menargetkan menang suara 51% pada Pilpres 2024.

Ganjar mengajak kader mulai dari DPD, DPC, hingga ranting untuk melakukan upaya pemenangan, termasuk dari aspek terkecil, mengawal suara di tingkat TPS. Gubernur Jawa Tengah itu meminta kader mengawal suara 151 orang di setiap TPS. Dengan demikian, target 51% suara di NTB bisa terealisasikan.

Sedangkan Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat meyakini Ganjar akan menang besar di NTB. Dia mengatakan, pembangunan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan jadi pertimbangan masyarakat NTB untuk memilih Ganjar.

"Kami akan berupaya 51 persen untuk Ganjar Pranowo. Enggak usah muluk-muluk," pungkas Rachmat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)