Tantangan Penyelenggaraan Haji Tahun 2023

Minggu, 18 Juni 2023 - 21:48 WIB
loading...
A A A
Sebetulnya yang lebih penting dari semua itu adalah pergeseran paradigma petugas haji. Jika dahulu petugas haji hanya menyediakan infrastruktur, fasilitas, konsumsi, logistik, kesehatan, dan semua yang dibutuhkan jemaah haji, tahun ini harus dibarengi dengan ruh yang sensitif, peduli, dan ramah terhadap lansia. Di sini, tentu saja petugas haji harus memiliki pendekatan, strategi, dan cara-cara spesifik yang ramah pada jemaah haji lansia.

Etika Kemanusiaan

Realitas haji tahun ini adalah ujian nyata bagi Kementerian Agama dan stakeholders penyelenggara haji lainnya dalam mengelola sumber daya yang dimiliki dalam memperlakukan lansia secara manusiawi dalam prinsip hak asasi manusia.

Lansia adalah manusia yang melekat padanya hak asasi manusia. Dan, karena usianya tidak hanya harus dimuliakan tetapi juga harus dihormati secara lebih. Karena kerentanannya, lansia harus diperlakukan secara khusus dan melekat padanya implementasi UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.



Tanpa mengurangi tujuan utama jemaah lansia untuk menjalankan ibadah haji dan umrah dengan sempurna dan memperoleh haji yang mabrur, perlakuan dan pelayanan yang ramah lansia dalam keseluruhan tahapan pelaksanaan ibadah haji dan umrah sejak dari Tanah Air hingga ke Makkah menjadi ukuran utama keberhasilan penyelenggaraan haji tahun 2023 ini.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)