Rieke Diah Pitaloka Serahkan Hasil Riset DDP ke Desa Wukirsari

Minggu, 18 Juni 2023 - 20:07 WIB
loading...
Rieke Diah Pitaloka Serahkan Hasil Riset DDP ke Desa Wukirsari
Anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka menyerahkan hasil riset Data Desa Presisi (DDP) kepada Pemerintahan Kaluharan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka menyerahkan hasil riset Data Desa Presisi (DDP) kepada Pemerintahan Kaluharan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyerahan itu berlangsung di Lapangan Pucung, Kalurahan Wukirsari, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu (18/6/2023) pukul 08.45 WIB.

Hasil riset dan survei tersebut berbasis pendekatan partisipatif, dan didukung teknologi digital yang dilakukan oleh tim peneliti Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), sejak Maret hingga Juni 2023. Rieke menjelaskan, hal ini merupakan upaya untuk menghadirkan data desa secara akurat, terintegrasi, dapat divalidasi, dan disinyalir sangat tepat menjadi basis utama dari kebijakan pembangunan desa.

"Kami melakukan penelitian seperti ini di seluruh Indonesia. Dan Wukirsari adalah kalurahan pertama di DIY yang mendapatkan kesempatan pendataan desa presisi," kata Rieke dalam keterangan pers, Minggu (18/6/2023).

Penyerahan simbolik hasil riset dan survei DDP itu bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 Kalurahan Wukirsari. Acara ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bantul H Abdul Halim Muslih, Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, dan Anggota Komisi VIII DPR My Esti Wijayati.

"Kami melakukan pendampingan terhadap sumber daya desa untuk memproduksi datanya sendiri. Yang menerbangkan drone adalah anak-anak Desa Wukirsari, dan semoga tidak berhenti di data," kata Rieke.

Dia mengungkapkan, lima bidang kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama dari dengan program-program pembangunan Kalurahan Wukirsari hanya dapat dicapai dengan data yang akurat dan presisi. "Hingga anggaran desa yang triliunan rupiah itu menjadi tepat sasaran," tutur Rieke.

Penyerahan hasil survei dan riset DDP tersebut diterima oleh Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro, yang disertai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Yayasan Pitaloka dengan Pemerintahan Kaluharan Wukirsari Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul, DIY.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)