Keseruan Ganjar dan TGB Zainul Majdi Menguji Tarung Rotan Peresean

Minggu, 18 Juni 2023 - 13:44 WIB
loading...
Keseruan Ganjar dan TGB Zainul Majdi Menguji Tarung Rotan Peresean
Bacapres Ganjar Pranowo saat bermain peresean dengan Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi di Kantor DPW Partai Perindo NTB. Foto/Istimewa
A A A
MATARAM - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo bersama Ketua Harian Nasional Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi menjajal kearifan lokal yakni pertarungan menggunakan rotan yang kerap disebut peresean saat bertandang ke Lombok, NTB.

Ganjar langsung menguji tarung rotan ini di Kantor DPW Partai Perindo NTB. Tidak tanggung-tanggung lawannya adalah Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi.



Sembari memegang ende (perisai dari kulit), Ganjar dan TGB bergantian saling memukul. Begitu rotan diayun, maka ende dipasang untuk melindungi diri.

“Seru, Ganjar vs TGB. Capres-Cawapres,” teriakan penonton yang menyaksikan keduanya menguji rotan tersebut.

Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok.



TGB mengatakan, ketika Ganjar datang ke Kantor DPW Partai Perindo disambut oleh peresean yang merupakan sifat dan jati diri masyarakat Sasak. ”Peresean perlambang itu sifat apa adanya,” katanya.

”Kalau hari ini Mas Ganjar mendengar komitmen di kantor PDI Perjuangan, PPP, dan Perindo ini akan menjadi semangat, “ sambungnya.



Ganjar tiba di Kantor DPW Partai Perindo NTB ditemani TGB HM Zainul Majdi, Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H Rachmat Hidayat. TGB langsung yang menjadi sopir untuk Gubernur Jawa Tengah ini. Hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua DPW PPP NTB H Muzihir.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)