Jokowi Sebut Perang Rusia-Ukraina Tidak Mungkin Selesai Tahun Ini

Sabtu, 17 Juni 2023 - 18:17 WIB
loading...
Jokowi Sebut Perang Rusia-Ukraina Tidak Mungkin Selesai Tahun Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perang Rusia-Ukraina tidak mungkin selesai pada tahun ini. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan perang Rusia-Ukraina tidak mungkin selesai pada tahun ini. Pendapatnya tersebut setelah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Perang Ukraina enggak mungkin selesai besok, enggak mungkin selesai bulan depan, enggak mungkin selesai tahun ini," kata Jokowi pada acara Tasyakuran 11 Tahun Komunitas Galang Kemajuan dan Keberlanjutan Center (GK Center) di Warung Solo Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Jokowi menceritakan beberapa kali ngobrol dengan Zelenskyy, baik secara tatap muka maupun melalui telepon. Kata Jokowi, Zelenskyy tidak bisa memberitahu kapan perang Rusia-Ukraina akan selesai.





"Saya tanya saya kan ketemu Presiden Zelensky di Kievnya sudah ketemu, telepon enggak tahu berapa kali saya telepon dengan Presiden Zelenskyy, di Hiroshima kemarin kita bicara hampir 30 menit lebih saya tanya Presiden Zelenskyy perang ini kira-kira akan selesai kapan? Enggak ngerti, enggak tahu, enggak ada jawaban," kata Jokowi.

Maka itu, Jokowi pun berharap agar konflik-konflik kecil di Indonesia dapat segera diselesaikan tanpa harus berakhir dengan perang. "Oleh sebab itu jangan sampai negara kita yang aman ini sebaik ini ada konflik-konflik sekecil apa pun harus segera diselesaikan, setuju?" kata Jokowi dalam acara tersebut.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)