3 Partai Politik yang Kadernya Pernah Menjadi Wakil Presiden

Kamis, 15 Juni 2023 - 17:20 WIB
loading...
3 Partai Politik yang Kadernya Pernah Menjadi Wakil Presiden
Terdapat beberapa partai politik (parpol) yang kadernya pernah menduduki jabatan wakil presiden (Wapres) RI. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa partai politik (parpol) yang kadernya pernah menduduki jabatan wakil presiden (Wapres) RI . Terbanyak, ada Golkar yang sebagian besar menjabat di era Orde Baru (Orba).

Pada perkembangannya, telah banyak muncul parpol di Indonesia. Kehadirannya ini memiliki peran, fungsi, dan tujuan penting dalam keberlangsungan jalannya pemerintahan.

Dari sekian nama, beberapa parpol memiliki kader yang pernah menempati jabatan wakil presiden (Wapres). Siapa sajakah mereka?


Partai Politik yang Kadernya Pernah Jadi Wakil Presiden

1. Golkar

Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi salah satu partai politik besar di Indonesia dengan sejarah panjangnya. Pada perjalanannya, Golkar banyak memiliki kader yang punya karier cemerlang di panggung politik.

Dari sekian banyak, beberapa di antaranya pernah menduduki jabatan Wakil Presiden. Sebut saja seperti Sudharmono (1988-1993), Try Sutrisno (1993-1998), B.J. Habibie (1998), hingga Jusuf Kalla.

Dari keempat nama tersebut, tiga di antaranya menjadi pendamping dari Presiden Soeharto. Sementara Jusuf Kalla masing-masing pernah mendampingi Presiden SBY dan Presiden Joko Widodo.


2. PPP

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga pernah memiliki kader yang menduduki posisi wakil presiden (Wapres) RI. Dia adalah Hamzah Haz.

Hamzah Haz terpilih sebagai wakil presiden (Wapres) kesembilan pada 26 Juli 2001. Hamzah Haz yang kala itu menjadi ketua umum PPP terpilih dan menjadi pendamping Presiden Megawati Soekarnoputri.

3. PDIP

Berikutnya ada PDI Perjuangan. Partai politik yang satu juga memiliki catatan cemerlang di dunia politik dengan berbagai kemenangannya dalam pemilihan umum (pemilu).

Melihat ke belakang, PDIP juga pernah memiliki kader yang menduduki jabatan wakil presiden (Wapres). Dia adalah Megawati Soekarnoputri yang saat ini menjadi Ketua Umum (Ketum) PDIP.

Sebelum menjadi Presiden RI, Megawati sebelumnya pernah menjadi wakil presiden (Wapres) di periode 1999-2001. Saat itu, dia mendampingi Presiden Abdurrahman Wahid atau biasa dikenal Gus Dur.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)