Wakil Ketua Komisi XI DPR Desak Satgas BLBI Lebih Agresif

Rabu, 14 Juni 2023 - 20:55 WIB
loading...
Wakil Ketua Komisi XI DPR Desak Satgas BLBI Lebih Agresif
Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi mendesak Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) bekerja lebih keras dalam upaya menyelamatkan keuangan negara. FOTO/DOK.DPR
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi mendesak Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia ( Satgas BLBI ) bekerja lebih keras dalam upaya menyelamatkan keuangan negara. Satgas BLBI diminta mengintensifkan kolaborasi dengan stake holder terkait termasuk dengan Kementerian Keuangan dan aparat penegak hukum.

"Kami berharap bahwa Satgas BLBI lebih agresif dalam upaya menyelamatkan keuangan negara. Salah satunya dengan mengintensifkan komunikasi dan kolaborasi dengan Kementerian Keuangan dan aparat penegak hukum," ujar Fathan Subchi di Kompleks Parlemen, Rabu (14/6/2023).

Dia mengatakan kerja sama yang kuat dan sinergis antara lembaga-lembaga ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam penyelamatan uang negara. Kerja sama itu juga akan memperbesar peluang penyelamatan uang negara.



"Saat ini ada upaya dari mereka yang mempunyai kewajiban mengembalikan uang negara dalam kasus BLBI untuk menyerang balik baik melalui gugatan hukum maupun upaya menghalangi eksekusi di lapangan," katanya.

Fathan mengatakan, ketegasan Satgas BLBI dalam upaya menyelematkan uang negara mempunyai berbagai dampak positif. Upaya penyelamatan tersebut tidak sekadar menambah kas negara, tetapi juga menegakkan kewibawaan negara.

"Eksistensi Satgas BLBI ini juga untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan menunjukkan komitmen untuk bertindak dengan keadilan dan transparansi dalam menjaga keuangan negara," katanya.

Politikus PKB ini berharap Satgas BLBI, termasuk Kementerian Keuangan tidak gentar dengan berbagai upaya serangan balik dari para debitur BLBI. Menurutnya, mayoritas publik menilai Satgas BLBI mendapatkan dukungan mayoritas publik.



"Jadi kalau sekarang ada tagihan-tagihan kepada Kementerian Keuangan kami berharap hal itu tidak menyurutkan kinerja dari Satgas BLBI," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)