Pilkada 2020, PKS-Demokrat Sepakat Berkoalisi di Beberapa Daerah

Jum'at, 24 Juli 2020 - 18:24 WIB
loading...
Pilkada 2020, PKS-Demokrat Sepakat Berkoalisi di Beberapa Daerah
Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman. Foto: SINDOnews/Rico Afrido Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk sekitar 170 daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Beberapa wilayah diantaranya, PKS berkoalisi dengan Partai Demokrat .

"Jadi kita tegaskan, PKS ini sejak awal memberikan kebebasan kepada kader di bawah untuk berkoalisi dengan partai manapun sesuai dengan kondisi kebatinan di daerah tersebut dan maslahat yang bisa tercapai untuk kepentingan masyarakat," ujar Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman usai pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2020).

(Baca: Bertemu di Markas PKS, Ini Hasil Pertemuan Sohibul Iman dan AHY)

Dia mengatakan, PKS memiliki suasana kebatinan yang sangat baik dengan Partai Demokrat di beberapa wilayah. "Tadi sudah kita sebutkan beberapa tetapi angka pastinya saya kira nanti secara hubungan akan kita lihat," ungkapnya.

Dia memberikan contoh salah satunya di Pilkada Tangerang Selatan, PKS bakal berkoalisi dengan Partai Demokrat. "Kemudian juga di Siak yang tadi sudah kita sebutkan dan sudah mendapat SK di Siak itu sudah juga PKS dengan Demokrat," ungkapnya.

Kemudian, dia membeberkan beberapa wilayah yang masih tahap penjajakan koalisi dengan Partai Demokrat. "Seperti di Kepri (Kepulauan Riau-red), dan juga di Jawa Barat sendiri itu ada beberapa antara PKS dan Demokrat itu akan berkoalisi. Misalnya di Cianjur, Karawang, Kabupaten Bandung dan Depok," tuturnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4125 seconds (0.1#10.140)