Koneksi Luas, Erick Thohir Pemimpin Solutif untuk Indonesia

Minggu, 11 Juni 2023 - 14:10 WIB
loading...
Koneksi Luas, Erick Thohir Pemimpin Solutif untuk Indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. Erick dinilai salah satu pemimpin Indonesia yang memiliki koneksi luas. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Erick Thohir dinilai merupakan salah satu pemimpin di Indonesia yang berkinerja baik. Salah satu sebabnya Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI itu memiliki koneksi yang luas dengan siapa saja, sehingga dapat menghasilkan berbagai solusi.

Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Teguh Yuwono mengatakan kelebihan yang dimiliki Erick Thohir sebagai pejabat negara adalah dekat dengan siapa saja. Hal tersebut tentunya memudahkan berbagai pekerjaan yang dihadapinya baik di Kementerian BUMN maupun PSSI.

"(Erick Thohir) juga memiliki hubungan-hubungan, jaringan sosial yang kuat. Pribadi yang humble, yang santun. Mudah pergi ke mana mana," kata Teguh, Minggu (11/6/2023).



Selain memiliki jejaring yang luas, kinerja Erick Thohir juga ditopang hubungan yang baik kepada siapa saja. Salah satunya yakni dengan Presiden Jokowi yang kerap memberikan penugasan secara langsung terhadap Erick Thohir.

"Daya tariknya (Erick Thohir) sebetulnya lebih kepada karena modalitas yang kuat dan kemudian chemistry-nya kuat dengan para pihak yang ada," ujar Teguh.

Salah satu bukti kepiawaian Erick Thohir dalam berhubungan secara luas yakni berhasil menggaet Argentina yang merupakan juara dunia sepak bola bertanding melawan Timnas Indonesia. Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia turut memuji Erick Thohir yang disebutnya sosok yang sangat disegani di negaranya.

"Saya jelaskan bahwa Argentina bisa bermain dengan Indonesia karena Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia orang terpandang di Argentina dan juga pernah menjadi pemilik klub besar di Eropa, Inter Milan," kata Tapia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)