Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial meski Wajah Baru Politik Indonesia

Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:33 WIB
loading...
Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial meski Wajah Baru Politik Indonesia
Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi wajah baru di dunia politik Indonesia. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Silvanus Alvin menilai Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir menjadi wajah baru di dunia politik Indonesia. Kendati demikian, Erick dinilai sangat potensial untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

"Erick Thohir termasuk wajah baru di politik Indonesia dan ini menjadi momen penting untuk regenerasi politik serta demokrasi di Indonesia," ujar Silvanus, Jumat (9/6/2023).

Apalagi, kata dia, saat ini Erick Thohir sudah sangat dikenal oleh publik di Indonesia. Buktinya, kata dia, dari hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, Erick menjadi cawapres pilihan utama masyarakat.



Elektabilitas Erick Thohir berada di urutan pertama dengan perolehan 15,5 persen dalam simulasi 18 nama cawapres. Elektabilitas ini mengalahkan sosok lama seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menko Polhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dia menilai tingginya keterpilihan Erick Thohir sebagai cawapres karena selalu berhasil menjalankan tugas dan amanah yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Anggota Kehormatan Banser ini menjadi menteri yang paling dipercaya oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Salah satu keberhasilan Erick Thohir menjalankan amanah Presiden Jokowi adalah ketika menjadi Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Ia bergerak cepat mendatangkan jutaan vaksin dari berbagai negara untuk melindung masyarakat Indonesia dari penyebaran vaksin, sekaligus menggalakkan program penggerak ekonomi kerakyatan seperti KUR, Mekaar dan Makmur. Berkat kerja nyata Erick Thohir ini banyak masyarakat yang terlindungi dan pergerakan ekonomi dapat terus berjalan.

Erick Thohir juga berhasil mendorong Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia membawa pulang medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023. Karena itu, Silvanus yakin Erick Thohir merupakan pemimpin tepat jika diberikan amanah untuk menjadi Wakil Presiden Indonesia selanjutnya melalui Pilpres 2024.

"Sudah terbukti, Erick Thohir mampu menjalankan tugas yang diberikan, selalu berhasil dengan tuntas dijalankan," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)