Program CSR Harus Beri Nilai Tambah Sosial, Lingkungan, dan Ekonomi

Kamis, 08 Juni 2023 - 23:30 WIB
loading...
Program CSR Harus Beri Nilai Tambah Sosial, Lingkungan, dan Ekonomi
Masyarakat desa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 melalui program CSR. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro menyambut baik program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Menurutnya, ada banyak manfaat dari Program CSR, salah satunya peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Sigit Reliantoro dalam ajang TOP CSR Award 2023 di Jakarta, Rabu (7/6/2023) malam. Kegiatan bertema CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth ini diikuti oleh 177 perusahaan finalis dari berbagai sektor.

Dalam sambutannya, Sigit menjelaskan, peradaban saat ini masuk dalam kondisi eksponensial, yang membawa peradaban manusia pada ancaman collapse (runtuh). Hal itu disebabkan manusia produktif untuk dirinya sendiri, belum memikirkan unsur lain, seperti efek lingkungan jangka panjang. Manusia harus regeneratif, yaitu meniru kepada proses alam, mengembalikan kondisi betul-betul seperti semula.

"Forum ini mengingatkan pentingnya kita untuk terus belajar dan menjawab tantangan. Tidak hanya keberlanjutan, tapi yang terpenting saat ini, dalam jangka pendek adalah mencegah terjadinya collapse, baru kita mewujudkan ekonomi kita menjadi lebih baik lagi. Apresiasi kepada para pemenang yang telah menerapkan prinsip-prinsip tadi dan itu semua adalah bagian pembelajaran untuk kita semua," kata Sigit Reliantoro dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6/2023).

Salah satu pemenang Top CSR Award 2023 adalah PT Kideco Jaya Agung (Kideco). Anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk ini kembali meraih penghargaan meliputi TOP CSR 2023 Stars 5, TOP CSR Awards 2023; Innovation Program Kampoeng CSR to SDGs serta TOP Leader on CSR Commitment 2023.

Direktur Utama PT Kideco, Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, program CSR yang dilakukan oleh sebuah perusahaan harus bisa memberikan nilai tambah untuk masyarakat penerima. Program tersebut harus bisa memberikan nilai tambah baik di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi.

"Program CSR Kideco merupakan investasi sosial untuk tumbuh bersama secara harmonis dan menciptakan keberlanjutan di masa depan. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat, baik di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi," kata Mohammad Kurnia Ariawan dalam sambutannya.

Ia mengatakan, penghargaan yang diterima akan menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik, tidak hanya masyarakat sekitar lokasi perusahaan, tetapi juga seluruh Indonesia.

Menurutnya, Kideco telah melakukan beberapa inisiatif sebagai turunan dari strategi ESG perusahaan, seperti pembuatan kawasan hijau terpadu Samurangau Eco Park dengan aspek pendidikan dan budaya, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), reklamasi, Arboretum Tandarayan, dan penggunaan solar panel untuk perumahan karyawan. Kemudian penggunaan bus listrik untuk operasional karyawan, penanaman mangrove, serta inisiatif lainnya bersama dengan mitra kerja.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)