Perindo-PDIP Kerja Sama, Pengamat: Bagus untuk Kedua Partai

Jum'at, 09 Juni 2023 - 07:07 WIB
loading...
Perindo-PDIP Kerja Sama, Pengamat: Bagus untuk Kedua Partai
Kerja sama dengan PDIP dinilai akan mengntungkan Parta iPerindo. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) secara resmi akan menjalin kerja sama politik dengan PDIP, Jumat (9/6/2023) hari ini. Kerja sama ini dinilai akan menguntungkan kedua partai, terutama Perindo.

Pengamat politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai, secara khusus kerja sama itu berpengaruh pada dinamika dan preferensi pemilih terhadap Perindo.

“Saya kira ini cukup bagus ya bagi Perindo, karena mengingat bahwa dengan bekerja sama dengan PDIP artinya memiliki preferensi politik yang tetap dan pengaruhnya pada konstelasi dan dinamika yang ada di akar rumput, termasuk preferensi pemilih terhadap partai Perindo sendiri,” kata Herry saat dihubungi, Kamis (8/6/2023).

Selain itu, dengan menjalin kerja sama dengan PDIP, Herry menilai Partai Perindo tentu akan mendapatkan cottail effect.



“Karena dengan menjalin kerja sama atau menjalin komunikasi dengan PDIP, terus terang Perindo memiliki effect coattail ya, atau coattail effect yang mana figur yang di dicapreskan oleh PDIP adalah Ganjar Pranowo. Tentunya, coattail effect tersebut juga akan dimiliki oleh perindo,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, Perindo secara resmi akan menjalin kerja sama politik dengan PDIP. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) memimpin langsung proses kerja sama politik tersebut hari ini.

"Terkait kerja sama politik PDIP dan Partai Perindo akan dilaksanakan besok, Jumat 9 Juni pagi, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto," kata Koordinator Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo Heri Budianto dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6/2023).

Sebelumnya Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto akhirnya mengungkap identitas partai politik yang akan memberikan dukungan untuk Ganjar adalah Partai Perindo. Hasto menegaskan bahwa kerja sama partai politik (parpol) untuk mendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo didasarkan atas prinsip gotong royong.

"Besok akan dilanjutkan kerja sama politik bersama dengan Partai Perindo," kata Hasto di sela-sela pelaksanaan rapat kerja nasional (Rakernas) hari ketiga PDIP yang digelar di sekolah partai, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (8/6/2023).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)