AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Pengamat: Politik Kita Begitu Cair

Jum'at, 09 Juni 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membocorkan sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Nama-nama itu dibeberkan Puan dalam konferensi pers pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023). Awalnya Puan mengungkapkan, sampai saat ini ada 10 nama yang masuk ke dalam bursa cawapres Ganjar. Mereka antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kemudian ada Pak AHY, iya kan? Pak AHY. Siapa lagi, Mas?" kata Puan kepada Ganjar Pranowo yang duduk di sebelahnya.

Sehari kemudian, AHY meresponsnya dan menghormati namanya diperhitungkan oleh Puan untuk menjadi salah satu kandidat cawapres Ganjar dalam Pilpres 2024. "Saya pertama berterima kasih kepada siapa pun yang menyebutkan bahwa AHY bisa diperhitungkan berpasangan dengan siapa pun termasuk terakhir Ibu Puan Maharani menyampaikan, ya bisa saja dengan Mas Ganjar Pranowo, begitu," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).



AHY menilai, gagasan dirinya dapat menjadi Bacawapres Ganjar Pranowo yang disampaikan Puan merupakan hal yang wajar dalam dunia demokrasi. "Saya menghormati siapa pun yang memberikan sikap atau pernyataan. Bagi saya demokrasi adalah ruang yang bebas, ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu. Saya sendiri bisa selalu merasionalisasi apa pun yang disimulasikan oleh para entitas politik hari ini," ucap AHY.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)