Rakernas III PDIP Hasilkan 17 Rekomendasi, Ini Rinciannya

Kamis, 08 Juni 2023 - 18:39 WIB
loading...
Rakernas III PDIP Hasilkan 17 Rekomendasi, Ini Rinciannya
Rakernas III PDIP resmi ditutup Megawati Soekarnoputri dengan menghasilkan 17 rekomendasi untuk internal dan eksternal. Foto: MPI/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Sebanyak 17 poin rekomendasi dihasilkan dalam Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023). Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani didapuk membacakannya.

Satu di antaranya, Rakernas III memprioritaskan pemberantasan kemiskinan dan tengkes atau stunting sampai peningkatan kualitas kesehatan dalam visi, misi, dan agenda strategis calon presiden dan wakil presiden dari PDIP.

"Rakernas III Partai menegaskan bahwa visi, misi, dan agenda strategis calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan menempatkan skala prioritas terpenting pada upaya memberantas kemiskinan dan tengkes, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap), mewujudkan keadilan dan kemakmuran secara progresif, mempercepat kemajuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi, serta menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai pilar utama kemajuan bangsa," kata Puan.

Rakernas III PDIP Hasilkan 17 Rekomendasi, Ini Rinciannya

Puan Maharani membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP. Foto: MPI/Rakhmatulloh
Dia mengatakan pemberantasan kemiskinan hingga tengkes bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia merupakan syarat utama bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan," kata Puan.

Rekomendasi eksternal Rakernas III juga berisi tentang apresiasi terhadap kinerja Jokowi, mendorong Pemilu 2024 yang jujur, komitmen pemenangan Ganjar pada Pilpres 2024, menempatkan rakyat menjadi pemimpin tertinggi, mendukung BRIN mendayagunakan seluruh potensi plasma nutfah, mendorong kemajuan desa, dan percepatan pengangkatan honorer.

Kemudian, rekomendasi eksternal Rakernas III berisi mendorong pemerintah memperkuat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang geopolitik Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Selain itu, rekomendasi eksternal Rakernas III berisi apresiasi PDIP terhadap UNESCO, The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization, atas penetapan tiga arsip pidato Bung Karno sebagai Memory of The World.

"Yaitu, pidato di depan Konferensi Asia Afrika Bandung pada tahun 1955, pidato di hadapan Sidang Umum PBB tahun 1960 berjudul “To Build The World a New” dan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non-Blok I di Beograd tahun 1961 sebagai Tiga Tinta Emas yang mewarnai pemikiran sosial, politik, dan ekonomi Internasional pada abad ke-20," ujar Puan masih membacakan poin rekomendasi.

Setelah itu, rekomendasi eksternal Rakernas III partai mendukung upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam mengambil inisiatif perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik seperti perang Rusia-Ukraina, ketegangan di Laut Tiongkok Selatan, konflik di Timur Tengah, dan berbagai persoalan geopolitik lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)