Disebut Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar, AHY Beri Tanggapan Begini

Rabu, 07 Juni 2023 - 18:29 WIB
loading...
Disebut Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar, AHY Beri Tanggapan Begini
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023). Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) disebut-sebut berpeluang menjadi cawapres untuk Ganjar Pranowo. Hal ini terungkap saat Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menyebut AHY masuk bursa cawapres Ganjar.

AHY pun meresponsnya dan menghormati apabila namanya diperhitungkan oleh Puan untuk menjadi salah satu kandidat bakal cawapres Ganjar dalam Pilpres 2024.

"Saya pertama berterima kasih kepada siapa pun yang menyebutkan bahwa AHY bisa diperhitungkan berpasangan dengan siapa pun termasuk terakhir Ibu Puan Maharani menyampaikan, ya bisa saja dengan Mas Ganjar Pranowo, begitu," kata AHY, di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

AHY menilai, gagasan dirinya dapat menjadi Bacawapres Ganjar Pranowo yang disampaikan Puan Maharani merupakan hal yang wajar dalam dunia demokrasi.

"Saya menghormati siapa pun yang memberikan sikap atau pernyataan. Bagi saya demokrasi adalah ruang yang bebas, ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu. Saya sendiri bisa selalu merasionalisasi apa pun yang disimulasikan oleh para entitas politik hari ini," ucap AHY.



Partai Demokrat disebut AHY, terus membangun komunikasi dengan siapa pun termasuk partai-partai politik mana pun, bertemu dengan para tokoh, juga bertemu dengan pimpinan-pimpinan yang selalu terbuka ruang komunikasi.

"Politik Indonesia memang harus cair kita bukan politik pembelahan sebetulnya, bukan hanya ada dua partai utama seperti layaknya Amerika Serikat, itu saja mereka selalu membuka komunikasi antara Republik dengan Demokrat di Amerika misalnya," jelas AHY.

Indonesia yang menggunakan multipartai sistem disebut AHY, membuat pihaknya terus membangun komunikasi dengan cair, dan fleksibel.

"Tapi kami memilih juga tetap menjunjung tinggi etika, nilai dan juga prinsip-prinsip dalam berkomunikasi politik. Itulah mengapa selain tentunya menyampaikan apresiasi tadi, kami juga terus memantapkan rancang bangun dari Koalisi Perubahan ini," pungkas Agus Harimurti Yudhoyono.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Puan Maharani mengatakan, untuk nama bakal cawapres bagi bakal capres Ganjar Pranowo sudah ada 10 nama. Dia pun membeberkan sejumlah nama yang masuk untuk dipertimbangkan.

Sejumlah nama yang disebut di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Nama kan banyak ada ada 10. Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo lagi mas, Pak Airlangga, nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan," ujar Puan di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3071 seconds (0.1#10.140)