Megawati Sampaikan Pidato Tertutup di Rakernas III PDIP

Selasa, 06 Juni 2023 - 11:38 WIB
loading...
Megawati Sampaikan Pidato Tertutup di Rakernas III PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP yang digelar tertutup. Foto/Dok PDIP
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023). Rakernas dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri .

Turut hadir dalam pembukaan Rakernas, Presiden Jokowi, calon presiden PDIP Ganjar Pranowo, Sekjen Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Hadir pula kader dan pengurus PDIP seperti Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Wakil Bendahara Umum PDIP Rudianto Tjen, dan eks Sekjen Pramono Anung. Selain itu, hadir juga jajaran DPP Partai, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD PDIP seluruh Indonesia hingga kepala poksi dan pimpinan Komisi Fraksi PDIP DPR.





Adapun, tema Rakernas III kali ini adalah 'Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara'. Pembukaan rakernas diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne PDIP serta Pembacaan Dedication Of Life.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun memimpin mengheningkan cipta dalam acara tersebut. Dia mengatakan, bahwa Rakernas III PDIP ini sekaligus momentum kelahiran Presiden Pertama RI Ir. Soekarno pada 6 Juni 1901.

"Seraya memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, agar arwah para pahlawan bangsa khususnya Bung Karno diterima di sisi-Nya dan kita dapat mewarisi api perjuangnnya. Mengheningkan cipta dimulai," kata Hasto yang langsung disambut dengan menunduk.

Usai mengheningkan cipta, acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pidato politik dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Namun, pidato politik Megawati Soekarnoputri akan berlangsung secara tertutup.

"Selanjutnya kita akan mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri, di mana acara ini tertutup. Sekali lagi, acara ini tertutup. Yang terhormat kita beri tepuk tangan meriah, kita sambut, sambutan dari Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri," kata pembawa acara rakernas.

Prananda Prabowo pun mengantarkan Megawati menuju kursi sambutan yang berada di tengah-tengah aula Sekolah Partai. Lalu, acara pun berlangsung secara tertutup. Siaran Rakernas III PDIP yang disiarkan oleh akun YouTube PDIP pun berhenti.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto pun mengungkapkan alasan pidato Megawati dan Jokowi digelar secara tertutup oleh awak media. Sebab, pidato tersebut berisi soal strategi PDIP dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024.

"Pembukaan rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup," kata Hasto.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)