Aset Rafael Alun Hasil Pencucian Uang Masih Ditelusuri, KPK: Siapa Berhubungan dengan Siapa

Selasa, 06 Juni 2023 - 11:17 WIB
loading...
Aset Rafael Alun Hasil Pencucian Uang Masih Ditelusuri, KPK: Siapa Berhubungan dengan Siapa
Aset hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) masih ditelusuri Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Aset hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) masih ditelusuri Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Salah satunya, melalui pihak-pihak yang diduga pernah terlibat jual beli aset Rafael Alun.

"Jadi sampai saat ini kita terus mencari, siapa yang berhubungan dengan siapa. Seperti kemarin ada yang menjual ke RAT, kemudian ada Bu GT, segala macem kita mintai keterangan," ujar Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur saat dikonfirmasi, Selasa (6/6/2023).

Lembaga antirasuah akan memanggil pihak-pihak yang diduga mengetahui aset hasil pencucian uang Rafael Alun. Salah satu saksi yang pernah diperiksa terkait aset pencucian uang Rafael Alun adalah pengusaha tajir Grace Dewi Riady alias Grace Tahir.





Rafael diduga pernah membeli rumah milik Grace. Rumah itu kemudian disita KPK. KPK menduga masih banyak lagi pihak-pihak yang pernah berhubungan dengan aset hasil pencucian uang Rafael Alun.

KPK memperkirakan nilai TPPU Rafael Alun hampir menembus angka Rp100 miliar. Aset pencucian uang Rafael Alun yang nilainya fantastis berasal dari properti. KPK telah menyita sejumlah aset Rafael Alun tersebut.

"Karena properti juga di samping nilainya terus meningkat ya, properti itu. Properti yang ada di kota mungkin diperoleh beberapa tahun yang lalu, saat ini kan juga sudah meningkat nilainya seperti itu. Lebih banyak di properti sebetulnya," katanya.

Sebelumnya, KPK telah menyita berbagai aset milik Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang tersebar di Solo, Yogjakarta hingga Jakarta. Adapun aset Rafael Alun yang disita meliputi mobil, motor gede (moge), rumah mewah, indekos, hingga kontrakan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)