Bukan Johny Lumintang, Jenderal Kopassus Ini Ternyata Pangkostrad Tersingkat: Cuma 90 Menit!

Selasa, 06 Juni 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Dengan tegas Bagyo menolak sprint itu. Bukan sebagai bentuk pembangkangan, tetapi karena ada hal prinsip yang tidak terpenuhi.

Dia lantas memerintahkan Asisten Personalia KSAD Mayjen TNI Sukarjo mengembalikan sprint tersebut. Pengembalian ini ternyata direspons baik oleh pimpinan ABRI. Tak lama lagi turun sprint yang menyebut Lumintang adalah Pangkostrad definitif.

Dengan demikian, pergantian pun tidak melanggar administratif. Pukul 11.00 WIB, terjadi pergantian Pangkostrad di Makostrad. Johny Lumintang digantikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Djamari Chaniago.

Pergantian ini menjadi catatan sejarah karena Lumintang praktis hanya menjadi Pangkostrad selama sekitar 17 jam!.

Pangkostrad 90 Menit


Mengapa Johny Lumintang diganti meski baru hitungan jam jadi Pangkostrad? Banyak teori dan rumor mengenai hal tersebut. Salah satunya karena situasi politik yang masih gonjang-ganjing sehingga menyebabkan tarik-menarik kepentingan dari elite. Ini turut berimbas pada militer.

Menurut akademisi Tjipta Lesmana, terbetik kabar Pangab Wiranto mendapat tekanan untuk segera mengganti Johny Lumintang. Jika tidak, dia yang bakal dicopot dari pucuk pimpinan ABRI.

“Bukan hanya itu, Wiranto diminta supaya tongkat Panglima Kostrad diserahterimakan dari Johny kepada pejabat lain sebelum jam 8 pagi keesokan harinya, 23 Mei 1998. Sebab pagi itu Presiden Habibie akan mengumumkan susunan kabinetnya: Kabinet Reformasi Pembangunan,” kata Tjipta dalam bukunya ‘Dari Soekarno smpai SBY: Intrik&Lobi Politik Para Penguasa’ (hal 210).

Sejarah memang akhirnya menulis Lumintang menjadi Pangkostrad tersingkat. Tapi, jika memperhitungkan sisi administratif, sesungguhnya Subagyo HS yang ‘mencatat rekor’ sebagai yang paling singkat.

“Saya lebih singkat, hanya 90 menit atau satu setengah jam. Terhitung sejak menerima jabatan itu dari Pak Prabowo sebelum magrib pukul 17.30 sampai waktu menyerahkan kepada Pak Johny Lumintang pukul19.00 malam,” kata Subagyo.

(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)